PROFIL PROGRAM STUDI

Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar didirikan  pada tahun 1991, dan  resmi terdaftar pada tanggal 11 September 1993 berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan nomor 528/Dikti/Kep/1993, serta terakreditasi berdasarkan keputusan BAN-PT No. 2198/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2017.

VISI

Tahun 2024, mewujudkan program studi berkarakter Islami yang terkemuka di bidang Pendidikan Matematika melalui penguatan tri dharma perguruan tinggi.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran matematika berbasis kompetensi yang terintegrasi dengan Al-Islam Kemuhammadiyahan.
  2. Menyelenggarakan proses pembelajaran berbasis penelitian dalam bidang Pendidikan Matematika.
  3. Menjalin kemitraan secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan dan instansi terkait serta stakeholder dalam rangka penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat.

TUJUAN

  1. Menghasilkan tenaga pendidik profesional dalam bidang Pendidikan Matematika yang berkarakter Islami.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik yang mampu mengembangkan ilmu Pendidikan Matematika dalam bentuk publikasi ilmiah baik Nasional maupun Internasional.
  3. Meningkatkan kemitraan dengan berbagai lembaga pendidikan dan instansi terkait, serta stakeholder berlandaskan pengabdian pada masyarakat.

KKNI DAN PROFIL LULUSAN

DESKRIPSI GENERIK KKNI DESKRIPSI SPESIFIK KKNI PROFIL LULUSAN
Jenjang Kualifikasi 6  (paragraph pertama)

Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah

1.   Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam lingkup matematika dan pendidikan matematika  untuk  memahami  peserta didik, merancang, mengelola, memfasilitasi, mengevaluasi kelayakan dan supervisi serta pembinaan berkelanjutan dalam implementasi praksis pendidikan.

2.   Mampu memanfaatkan IPTEKS yang relevan dalam lingkup matematika dan pendidikan matematika sebagai landasan dalam pemecahan masalah melalui kegiatan penelitian pendidikan.

1. Pendidik matematika

2. Peneliti pendidikan matematika

3. Enterpreneur

4. Penulis pendidikan matematika

 

Jenjang kualifikasi 6 (paragraf  kedua)

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu menformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

1.   Menguasai konsep-konsep dasar matematika dan teori pendidikan matematika sebagai landasan dalam menganalisis dan menerapkan layanan pendidikan bagi peserta didik serta landasan dalam merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran.

2.   Menguasai konsep-konsep dasar di bidang matematika yang diaplikasikan untuk merancang kegiatan penelitian, pengumpulan dan pengolahan data, serta mempublikasikan hasil-hasil penelitian.

Jenjang kualifikasi 6 (paragraf  ketiga)

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

1.  Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data untuk menentukan berbagai alternatif pemenuhan kebutuhan belajar bagi peserta didik.

2.  Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data untuk menentukan berbagai alternatif pemecahan masalah.

Jenjang kualifikasi 6 (paragraf  keempat)

Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi

1.   Mampu menunjukkan kinerja sebagai calon guru matematika, dan dapat mempertanggung-jawabkan kepada pemangku kepentingan

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI

SIKAP (S)
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
S11 Menginternalisasi wawasan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
KETERAMPILAN UMUM (KU)
KU1 Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU6 Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
KU9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
KETERAMPILAN KHUSUS (KK)
KK1 Mampu menerapkan konsep tentang karakter peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
KK2 Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
KK3 Mampul menyelenggarakan pembelajaran Matematika yang mendidik
KK4 Mampu memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran
KK5 Mampu menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, serta menjunjung tinggi kode etik profesi guru
KK6 Mampu mengembangkan kurikulum mata pelajaran matematika
KK7 Mampu mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif
KK8 Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran Matematika dan pengembangan diri
KK9 Mampu menyajikan hasil penelitiannya berdasarkan fakta
PENGETAHUAN (P)
P1 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual
P2 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip dalam merencanakan, mengelola, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran yang mendidik
P3 Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan Matematika
P4 Menguasai metodologi Penelitian serta mempunyai kemauan/kesanggupan melakukan penelitian dan mempublikasikannya

KELOMPOK, SEBARAN, DAN SISTEM SATUAN (SKS) MATA KULIAH

Mata Kuliah Universitas

No. Mata Kuliah SKS Semester
1 Pendidikan Agama Islam 2 I
2 Pendidikan Pancasila 2 I
3 Bahasa Indonesia 2 II
4 Pendidikan Kewarganegaraan 2 II
5 AIK II 2 II
6 AIK III 2 III
7 AIK IV 2 IV
8 AIK V 2 V
9 AIK VI 2 VI
10 AIK VII 2 VII
11 AIK VIII 2 VII
12 Kewirausahaan 2 V
Jumlah 24

 Mata Kuliah Fakultas

No. Mata Kuliah SKS Semester
1 Pengantar Pendidikan 2 I
2 Perkembangan Peserta Didik 2 II
3 Profesi Keguruan 2 III
4 Pengenalan Lapangan Persekolahan Dasar 2 III
5 Pengenalan Lapangan Persekolahan Lanjut 3 IV
6 Pemantapan Profesi Keguruan (P2K) 4 VIII
Jumlah 15

 Mata Kuliah Wajib Prodi

No. Mata Kuliah SKS Semester
1 Bahasa Inggris I 2 I
2 Kalkulus I 3 I
3 Dasar-Dasar Pendidikan MIPA 2 I
4 Pengantar Dasar Matematika 3 I
5 Trigonometri 3 I
6 Teori Bilangan 2 I
7 Geometri 3 II
8 Kalkulus II 3 II
9 Aljabar Elementer 2 II
10 Bahasa Inggris II 2 II
11 Statistika 3 II
12 Strategi Pembelajaran Matematika 2 III
13 Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika 3 III
14 Telaah Matematika SMP 3 III
15 Kalkulus Lanjut 3 III
16 Aljabar Linear 3 III
17 Matematika Ekonomi 2 III
18 Geometri Analitik 2 III
19 Teknologi Informasi 2 IV
20 Struktur Aljabar 3 IV
21 Persamaan Diferensial 2 IV
22 Geometri Transformasi 2 IV
23 Telaah Matematika SMA 3 IV
24 Pengembangan Program Pembelajaran Matematika 3 IV
25 Pengembangan Media Pembelajaran 3 IV
26 Metodologi Penelitian Kualitatif 2 V
27 Matematika Diskrit 2 V
28 Analisis Real 3 V
29 Pengolahan Data Statistika 2 V
30 Microteaching 3 V
31 Metodologi Penelitian Kualitatif 2 VI
32 Program Linear 3 VI
33 Analisis Kompleks 2 VI
34 Problematika Pembelajaran Matematika 2 VI
35 Seminar Matematika 2 VII
36 Skripsi 6 VIII
Jumlah 93

 Mata Kuliah Pilihan Prodi

No. Mata Kuliah SKS Semester
1 Statistika Matematika *) 2 IV
2 Pengenalan Teori Fuzzy *) 2 IV
3 Pemrograman Komputer *) 2 IV
4 Metode Numerik *) 2 IV
5 Sejarah Perkembangan Matematika *) 2 V
6 Pemodelan Matematika *) 2 V
7 Aplikasi Komputer dalam Pembelajaran *) 2 V
8 Literasi Matematika *) 2 V
9 Masalah Syarat Batas *) 2 VI
10 Teori Graph *) 2 VI
11 Teori Ring *) 2 VI
12 Jaringan Syaraf Tiruan *) 2 VI
13 Sistem Pembelajaran Daring *) 2 VII
14 Karya Tulis dan Publikasi Ilmiah *) 2 VII
Jumlah 28

SEBARAN MATA KULIAH PERSEMESTER

Semester I

No. Kode MK Mata Kuliah SKS Teori Praktik
1 AW684202211 Pendidikan Agama Islam 2 2 0
2 AW684202212 Pendidikan Pancasila 2 2 0
3 CW684202213 Bahasa Inggris I 2 2 0
4 CW684202314 Kalkulus I 3 3 0
5 CW684202215 Dasar-Dasar Pendidikan MIPA 2 2 0
6 BW684202216 Pengantar Pendidikan 2 2 0
7 CW684202317 Pengantar Dasar Matematika 3 3 0
8 CW684202318 Trigonometri 3 3 0
9 CW684202219 Teori Bilangan 2 2 0
Jumlah 21 21 0

 Semester II

No. Kode MK Mata Kuliah SKS Teori Praktik
1 AW684202221 AIK II 2 2 0
2 AW684202222 Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 0
3 AW684202223 Bahasa Indonesia 2 2 0
4 CW684202324 Geometri 3 3 0
5 CW684202325 Kalkulus II 3 3 0
6 CW684202226 Aljabar Elementer 2 2 0
7 BW684202227 Perkembangan Peserta Didik 2 2 0
8 CW684202228 Bahasa Inggris II 2 2 0
9 CW684202329 Statistika 3 3 0
Jumlah 21 21 0

 Semester III

No. Kode MK Mata Kuliah SKS Teori Praktik
1 AW684202231 AIK III 2 2 0
2 CW684202232 Strategi Pembelajaran Matematika 2 2 0
3 BW684202233 Profesi Keguruan 2 2 0
4 CW684202334 Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika 3 3 0
5 CW684202335 Telaah Matematika SMP 3 2 1
6 CW684202336 Kalkulus Lanjut 3 3 0
7 CW684202337 Aljabar Linear 3 3 0
8 CW684202238 Matematika Ekonomi 2 2 0
9 CW684202239 Geometri Analitik 2 2 0
10 BW6842022310 Pengenalan Lapangan Persekolahan Dasar 2 0 2
Jumlah 24 21 3

 Semester IV

No. Kode MK Mata Kuliah SKS Teori Praktik
1 AW684202241 AIK IV 2 2 0
2 CW684202242 Teknologi Informasi 2 1 1
3 CW684202343 Struktur Aljabar 3 3 0
4 CW684202244 Persamaan Diferensial 2 2 0
5 CW684202245 Geometri Transformasi 2 2 0
6 CW684202346 Telaah Matematika SMA 3 2 1
7 CW684202347 Pengembangan Program Pembelajaran Matematika 3 3 0
8 CW684202348 Pengembangan Media Pembelajaran 3 1 2
9 CP684202249 Statistika Matematika (2 sks) *) 4 2 0
10 CP6842022410 Pengenalan Teori Fuzzy (2 sks) *) 2 0
11 CP6842022411 Pemrograman Komputer (2 sks) *) 1 1
12 CP6842022412 Metode Numerik (2 sks) *) 2 0
Jumlah 24 19 5

 Semester V

No. Kode MK Mata Kuliah SKS Teori Praktik
1 AW684202251 AIK V 2 2 0
2 CW684202252 Metodologi Penelitian Kualitatif 2 2 0
3 AW684202253 Kewirausahaan 2 2 0
4 CW684202254 Matematika Diskrit 2 2 0
5 CW684202355 Analisis Real 3 3 3
6 CW684202256 Pengolahan Data Statistika 2 1 1
7 CW684202357 Microteaching 3 1 2
8 CP684202258 Sejarah Perkembangan Matematika (2 sks) *) 4 2 0
9 CP684202259 Pemodelan Matematika (2 sks) *) 2 0
10 CP6842022510 Aplikasi Komputer dalam Pembelajaran (2 sks) *) 1 1
11 CP6842022511 Literasi Matematika (2 sks) *) 2 0
Jumlah 20 13 7

 Semester VI

No. Kode MK Mata Kuliah SKS Teori Praktik
1 AW684202261 AIK VI 2 2 0
2 BW684202362 Pengenalan Lapangan Persekolahan Lanjutan 3 0 3
3 CW684202263 Metodologi Penelitian Kualitatif 2 2 0
4 CW684202364 Program Linear 3 3 0
5 CW684202265 Analisis Kompleks 2 2 0
6 CW684202266 Problematika Pembelajaran Matematika 2 2 0
7 CP684202267 Masalah Syarat Batas (2 sks) *) 4 2 0
8 CP684202268 Teori Graph (2 sks) *) 2 0
9 CP684202269 Teori Ring (2 sks) *) 2 0
10 CP6842022610 Jaringan Syaraf Tiruan (2 sks) *) 2 0
Jumlah 18 15 3

 Semester VII

No. Kode MK Mata Kuliah SKS Teori Praktik
1 AW684202271 AIK VII 2 2 0
2 CW684202272 Seminar Matematika 2 2 0
3 CP684202273 Sistem Pembelajaran Daring (2 sks) *) 2 1 1
4 CP684202274 Karya Tulis dan Publikasi Ilmiah (2 sks) *) 1 1
Jumlah 6 5 1

 Semester VIII

No. Kode MK Mata Kuliah SKS Teori Praktik
1 AW684202281 AIK VIII 2 0 2
2 BW684202482 Pemantapan Profesi Keguruan (P2K) 4 0 4
3 CW684202683 Skripsi 6 0 6
Jumlah 12 0 12
NO NIDN NAMA DOSEN JAFUNG TERAKHIR RIWAYAT PENDIDIKAN
1 0002086301 Prof. Dr. H. Irwan Akib, M.Pd. Guru Besar S1 IKIP Ujung Pandang

S2 IKIP Surabaya

S3 Unesa Surabaya

2 0002036801 Dr. Rukli, M.Pd., M.Cs. Lektor Kepala S1 IKIP Ujung Pandang

S2 IKIP Yogyakarta

S2 UGM Yogyakarta

S3 UNY Yogyakarta

3 0028127002 Dr. Sukmawati, M.Pd. Lektor Kepala S1 IKIP Ujung Pandang

S2 IKIP Malang

S3 UNJ Jakarta

4 0920046601 Dr. Baharullah, M.Pd. Lektor S1 Unhalu Kendari

S2 Unesa Surabaya

5 0906127801 Mukhlis, S.Pd., M.Pd. Lektor S1 Unismuh Makassar

S2 Unesa Surabaya

6 0914047901 Sitti Fithriani Saleh, S.Pd., M.Pd. Lektor S1 Unismuh Makassar

S2 Unesa Surabaya

7 0928068101 Nasrun, S.Pd., M.Pd. Lektor S1 Unismuh Makassar

S2 UM Malang

8 0904058002 Andi Husniati, S.Pd., M.Pd. Lektor S1 Unismuh Makassar

S2 Unesa Surabaya

9 0912018502 Mutmainnah, S.Pd., M.Pd. Lektor S1 Unismuh Makassar

S2 UNM Makassar

10 0909068402 Andi Alim Syahri, S.Pd., M.Pd. Lektor S1 Unismuh Makassar

S2 UNM Makassar

11 0923018001 Haerul Syam, S.Pd., M.Pd. Asisten Ahli S1 Unismuh Makassar

S2 UM Malang

12 0908048502 Ma’rup, S.Pd., M.Pd. Asisten Ahli S1 Unismuh Makassar

S2 UNM Makassar

13 0926028402 Ikhbariaty Kautsar Qadry, S.Pd., M.Pd. Asisten Ahli S1 UNM Makassar

S2 UNM Makassar

14 0911108702 Ernawati, S.Pd., M.Pd. Asisten Ahli S1 Unismuh Makassar

S2 UNM Makassar

15 0906108602 Kristiawati, S.Pd., M.Pd. Asisten Ahli S1 Unismuh Makassar

S2 UNM Makassar

16 0931036502 Dra. Andi Marlia Bakri, M.Si. Asisten Ahli S1 IKIP Ujung Pandang

S2 Unhas

17 0901108602 Sri Satriani, S.Pd., M.Pd. Asisten Ahli S1 Unismuh Makassar

S2 UNM Makassar

18 0909078901 Andi Mulawakkan Firdaus, S.Pd., M.Pd. Asisten Ahli S1 Unismuh Makassar

S2 Unesa Surabaya

19 0930128407 Wahyuddin, S.Pd., M.Pd. Asisten Ahli S1 Unismuh Makassar

S2 UNM Makassar

20 0927078403 Ilhamuddin, S.Pd., M.Pd. Asisten Ahli S1 Unismuh Makassar

S2 UNM Makassar

21 0903028704 Nursakiah, S.Si., S.Pd., M.Pd. Asisten Ahli S1 UNM Makassar

S2 UNM Makassar

22 0926048705 Rezki Ramdani, S.Pd., M.Pd. Asisten Ahli S1 Unismuh Makassar

S2 UNM Makassar

23 0904118801 Muhammad Rizal Usman, S.Pd., M.Pd. Asisten Ahli S1 Unismuh Makassar

S2 UPI Bandung

24 0926068601 Ilhamsyah, S.Pd., M.Pd. Asisten Ahli S1 Unismuh Makassar

S2 UNM Makassar

25 0903028901 Erni Ekafitria Bahar, S.Pd., M.Pd. Asisten Ahli S1 UNM Makassar

S2 UNM Makassar

26 0005098802 Andi Quraisy, S.Si., M.Si. Asisten Ahli S1 UNM Makassar

S2 ITS Surabaya

27 0918058501 St. Rahma Tahir, S.Pd., M.Pd. Asisten Ahli S1 Unismuh Makassar

S2 UNM Makassar

28 0911058502 Abd. Kadir Jaelani, S.Pd., M.Pd. Tenaga Pengajar S1 Unismuh Makassar

S2 UNM Makassar

29 0901119001 St. Nur Humairah Halim, S.Pd., M.Pd. Tenaga Pengajar S1 UNM Makassar

S2 UNM Makassar

30 0916048705 Fathrul Arriah, S.Pd., M.Pd. Tenaga Pengajar S1 Unismuh Makassar

S2 UNM Makassar

31 0927098902 Abdul Gaffar, S.Pd., M.Pd. Tenaga Pengajar S1 Unismuh Makassar

S2 UNM Makassar

32 0906038903 Ahmad Syamsuadi, S.Pd., M.Pd. Tenaga Pengajar S1 Unismuh Makassar

S2 UNM Makassar

33 0915089102 Randy Saputra Mahmud, S.Si., M.Pd. Tenaga Pengajar S1 UNM Makassar

S2 UNM Makassar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar

Jalan Sultan Alauddin 259 Makassar

Telepon: 0411 866972

Fax: 0411 866972

Email: fkip@unismuh.ac.id