Profil

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan adalah cikal bakal pendirian Universitas Muhammadiyah Makassar yang didirikan oleh Pemimpin Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan dan Tenggara sebagai hasil karya Panitia Pendiri yang dibentuk pada Musyawarah Wilayah Sulawesi Selatan dan Tenggara ke 24 di Kabupaten Watan Soppeng pada tanggal 5 September 1962, dengan Fakultas Ilmu Penelitian. Pada tahun 1966 – 1967, Universitas Muhammadiyah Makassar memindahkan Pusatnya ke Makassar dengan menempati gedung Sekolah China yang pada tahun 1966.

……

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar yang berdiri sejak Tahun 1963. Perjalanan FKIP secara terus menerus mengalami perkembangan dengan membuka program studi. Tahun 1991, FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar diberi kepercayaan oleh Pemerintah membuka program studi baru, yaitu Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Inggris. Di Tahun yang sama FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar juga diberi kepercayaan oleh Pemerintah mengelola sebuah program studi, yakni D2 PGSD Proyek. Program ini berlangsung hingga tahun 1997, yang kemudian pada tahun berikutnya D2 PGSD dikelola secara swadaya oleh FKIP. Sejak dibukanya program studi D2 PGSD, FKIP Unismuh Makassar semakin menjadi incaran bagi masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka.

Visi

Mewujudkan fakultas berkarakter islami yang unggul dan terpercaya dalam mengembangkan ilmu pendidikan dan keguruan melalui penguatan caturdharma perguruan tinggi

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berbasis teknologi di tingkat Program Studi (Prodi).
  2. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang terintegrasi dengan Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK).
  3. Mengembangkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan melalui studi lanjut sesuai dengan disiplin ilmu dosen, pelatihan, short course,
  4. Menguatkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat melalui jalinan kemitraan dengan berbagai lembaga pendidikan di dalam maupun di luar negeri.
  1. Peningkatan akhlaqul karimah (pendidikan karakter) adalah pengembangan…
  2. Peningkatan Sumber Daya Manusia adalah pembangunan kualitas SDM…
  3. Peningkatan prasarana dan sarana dititikberatkan pada pendekatan urgensi dan asas manfaat…
  4. Penjaminan kualitas dengan memanfaatkan lembaga penjaminan mutu…
  5. Mengoptimalkan pelaksanaan Catur Dharma sebagai pencitraan Akademik…
    Optimalisasi pemanfaatan teknologi sistem informasi yang menunjang pengembangan…
  6. Membangun kerjasama internal dan eksternal…