Fasilitas

Perpustakaan FKIP adalah unit layanan pendukung akademik mahasiswa dalam  mempermudah proses belajar mengajar baik dalam penyelesaaian tugas mata kuliah ataupun tugas akhir skripsi. Perpustakaan FKIP merupakan salah satu tempat belajar yang kondusif, representatif sesuai dengan kebutuhan mahasiswa FKIP.

Perpustakaan terdiri dari ruang baca,ruang koleksi, dan ruang pengelola perpustakaan yang   dilengkapi dengan meja belajar,  AC, Rak buku, komputer, lemari mahasiswa dan loker sepatu.

Laboratorium komputer merupakan sarana praktek bagi mahasiswa untuk memahami aplikasi komputerLaboratorium komputer diberikan pada saat mahasiswa mengikuti mata kuliah komputer

Ruangan Kelas Praktik

Laboratorium Microteaching adalah ruangan khusus untuk praktek pembelajaran di kelas. Ruangan ini utamanya untuk perkuliahan Micro Teaching. Laboratorium Microteaching FKIP merupakan sarana untuk mengembangkan tiga dimensi kompetensi mengajar yaitu (1) performance skill, (2) cognitive processes, dan (3) affective learning.

Ruang Operator

Tujuan secara umum dari microteaching adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam proses pembelajaran, atau kemampuan profesional seorang calon guru atau meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan di dalam berbagai keterampilan yang lebih spesifik.

Laboratorium bahasa adalah sebuah laboratorium yang dibuat untuk mempermudah penyampaian materi apapun di sebuah ruangan, pada umumnya digunakan untuk materi bahasa, baik bahasa Inggris, bahasa Indonesia, bahasa asing lainnya.

 

Mahasiswa akan belajar berbahasa dengan di bantu oleh perangkat audio yang dapat mengeluarkan suara, kemudian mahasiswa akan diajak untuk mendengarkan setiap ucapan yang bersumber dari audio tersebut.

Laboratorium IPA merupakan tempat siswa dan guru belajar menemukan dan memecahkan masalah IPA. Di Lab, siswa dan guru melakukan penyelidikan dengan pengamatan-pengamatan objek- objek alam (gejala-gejala alam) dan atau percobaan-percobaan.

 

 

Dalam dunia pendidikan, laboratorium merupakan tempat proses belajar mengajar melalui metode praktikum dimana siswa berinteraksi dengan berbagai alat dan bahan untuk mengobservasi gejala-gejala yang dapat diamati secara langsung dan dapatmembuktikan sendiri sesuatu yang telah dipelajari olehnya.Laboratorium IPA adalah tempat bekerja untuk mengadakan

Laboratorium fisika dasar adalah laboratorium yang dipergunakan untuk menunjang kegiatan praktikum fisika dasar yang dilengkapi dengan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan baik berupa fasilitas ruangan, alat, bahan, maupun sumber daya manusia yang kompeten

Dengan demikian praktikum Fisika Dasar adalah melatih ketrampilan dalam menerapkan teori-teori yang diperoleh dari kuliah dan untuk melengkapi kuliah. Disamping itu praktikum Fisika Dasar merupakan saat pertama kali bagi mahasiswa dalam melakukan/melaksanakan percobaan sendiri.

Mahasiwa melakukan uji-praktik

Laboratorium biologi merupakan salah satu sarana untuk mendukung aktivitas belajar mengajar, penelitian serta peningkatan keterampilan mahasiswa Jurusan Biologi yang terdiri atas empat sub laboratorium, yaitu Lab. Biologi Dasar, Lab. Botani, Lab. Zoologi dan Lab. Mikrobiologi.

Laboratorium seni merupakan  sumber belajar yang berkaitan dengan kesenian, kebudayaan, dan aplikatif terhadap praktikum yang menunjang pemahaman dalam bidang animasi, audio visual, seminar dan teknik presentasi. Diharapkan dari kegiatan ini mahasiswa mampu mengembangkan bakat dan potensi.Selain itu, laboratorium juga dipergunakan untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan Tugas Akhir (TA), Skripsi.

Laboratorium matematika adalah merupakan pusat kegiatan belajar dengan berbuat/ bekerja bagi siswa dalam mempelajari matematika. Laboratorium matematika juga merupakan pusat kegiatan guru dalam usaha meneliti, mengembangkan teknologi pengajaran matematika maupun teori atau konsep psikologi belajar matematika.

Pengkajian benda-benda ruang/geometri, simetri dalam kubus, simetri balok, simetri kerucut, isi, luas, jaring-jaring benda ruang, irisan benda dengan bidang, irisan benda dengan benda, dalil phytagoras, menentukan nilai n dan sebagainya.

Laboratorium Elektronika Dasar memberi sarana kepada para mahasiswa dalam mempelajari dasar sistem elektronika dan hukum-hukum rangkaian listrik dan aplikasinya pada sistem elektronika umum khususnya pada sistem elektronika industri. Laboratorium ini melayani praktikum mahasiswa, pengerjaan tugas akhir dan tesis mahasiswa, penelitian mahasiswa bersama dosen, perkuliahan, dan kerja praktek mahasiswa.

 

Laboratorium elektronika merupakan laboratorium dasar untuk penelitian cara kerja dan fungsi komponen elektronika dalam rangkaian terutama komponen dioda, trtansistor, FET dan op-amp 741. Perencanaan penggunaan komponen dasar tersebut untuk menghasilkan rangkaian yang mempunyai fungsi tertentu