MAKASSAR — Semangat kolaborasi akademik kembali digaungkan oleh dua dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Dr. Maria Ulviani, S.Pd., M.Pd. dan Akbar Aba, S.Pd., M.Ed., melalui peluncuran buku terbaru mereka yang berjudul “Metode Penelitian Pendidikan”.
Buku setebal hampir 600 halaman ini diterbitkan oleh PT Penerbit Naga Pustaka pada September 2025, dan menjadi kontribusi penting dalam memperkuat literasi metodologis mahasiswa dan dosen di bidang penelitian pendidikan.
Dalam keterangannya, Dr. Maria Ulviani menjelaskan bahwa buku ini disusun dengan pendekatan praktis agar mudah dipahami oleh mahasiswa, terutama yang sedang menempuh mata kuliah metodologi penelitian.
“Kami ingin menghadirkan buku yang tidak hanya teoretis, tetapi juga aplikatif. Mahasiswa dapat langsung menerapkan langkah-langkah penelitian, baik kualitatif, kuantitatif, maupun pengembangan,” ungkapnya.
Buku ini memuat 16 bab lengkap, mulai dari konsep dasar penelitian, penyusunan desain, analisis data, hingga etika penelitian. Di bagian akhir, pembaca juga disuguhi studi kasus nyata dari berbagai bidang pendidikan, menjadikannya panduan komprehensif untuk calon peneliti muda.
Sementara itu, Akbar Aba, selaku rekan penulis, menegaskan bahwa karya ini merupakan bentuk nyata kontribusi dosen muda FKIP Unismuh dalam membangun budaya riset di kalangan mahasiswa.
“Penelitian adalah jantung perguruan tinggi. Melalui buku ini, kami ingin mahasiswa tidak sekadar memenuhi tugas akademik, tetapi memahami penelitian sebagai proses ilmiah yang membangun peradaban,” tuturnya.
Buku Metode Penelitian Pendidikan telah terdaftar di IKAPI (No. 515/JBA/2024) dengan ISBN 978-634-7346-62-9, dan dilengkapi dengan panduan penggunaan perangkat lunak penelitian populer seperti SPSS, NVivo, dan ATLAS.ti.
Dikenal aktif dalam dunia literasi dan kepenulisan, Dr. Maria Ulviani telah menulis lebih dari 20 buku dengan tema beragam—mulai dari literasi, pendidikan karakter, hingga sastra modern Indonesia. Kiprahnya turut menginspirasi generasi akademik muda di lingkungan Unismuh Makassar.
Peluncuran buku ini menegaskan komitmen Unismuh Makassar dalam memperkuat tradisi riset dan publikasi ilmiah. Tak sekadar menambah referensi metodologi pendidikan di Indonesia, karya ini juga memperkokoh peran FKIP Unismuh sebagai pelopor literasi riset di tingkat nasional.
TiM Media eFKIP