VISI

“Mewujudkan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Kawasan Timur Indonesia yang berkualitas, profesional, unggul dan Islami pada tahun 2024 dalam menyelenggarakan pendidikan guru sekolah dasar untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi setara dengan Kualifikasi Level Enam KKNI”

MISI

  1. Meningkatkan pembinaan iman dan taqwa di kalangan civitas akademika maupun umat pada umumnya dengan menciptakan suasana akademik yang Islami.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran pendidikan dasar yang profesional, berkualitas, akuntabel dan berkelanjutan yang berjalan harmonis dengan pembinaan iman dan taqwa.
  3. Melibatkan diri dalam peningkatan mutu pendidikan dasar melalui kegiatan penelitian.
  4. Menguatkan pengabdian pada masyarakat melalui jalinan kemitraan dengan berbagai lembaga pendidikan dan instansi terkait serta stakeholder lainnya.

TUJUAN

  1. Menghasilkan tenaga pendidik yang beriman dan bertaqwa serta berkarakter Islami
  2. Menghasilkan tenaga pendidik yang berkualitas di bidang pendidikan sekolah dasar.
  3. Meningkatkan mutu pendidikan dasar melalui kegiatan penelitian.
  4. Meningkatkan pengabdian pada masyarakat melalui jalinan kemitraan dengan berbagai lembaga pendidikan dan instansi terkait serta stakeholder lainnya.

KKNI DAN PROVIL LULUSAN

DESKRIPSI GENERIK KKNI

Jenjang Kualifikasi 6 (paragraf pertama)

Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah

Jenjang kualifikasi 6 (paragraf kedua)

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu menformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

Jenjang kualifikasi 6 (paragraf ketiga)

Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analsis informasi dan data serta memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternative solusi.

Jenjang kualifikasi 6 (paragraf keempat)

Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI

SIKAP (S)
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
S11 Menginternalisasi wawasan Al-Islam dan kemuhammadiyahan
KETERAMPILAN UMUM (KU)
KU1 Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU6 Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
KU9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
KETERAMPILAN KHUSUS (KK)
KK1 Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar secara bertanggung jawab
KK2 Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar
KK3 Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik
KK4 Mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri
KK5 Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan
KK6 Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah sesuai dengan etika akademik dan melaporkannya dalam bentuk skripsi dan mengunggah artikel dalam laman perguruan tinggi
KK7 Mampu menerapkan layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran secara mandiri sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku
PENGETAHUAN
P1 Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar
P2 Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
P3 Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK
P4 Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
P5 Menguasai konsep dan teknik  evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran di sekolah dasar
P6 Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan   permasalahan pembelajaran di sekolah dasar
P7 Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran
0909098204

Dr. Ulfa Mawardi, M. Pd.

S1, Univ. Negeri Makassar Pend. Ekonomi Tenaga Pengajar
S2, Univ. Negeri Yogyakarta Pendidikan Dasar
S3, Universitas Negeri Jakarta  Pendidikan Anak Usia Dini
028105301

Dra. Hj. Muliani Azis, M.Si.

S1, IKIP Ujung Pandang Administrasi Pendidikan Lektor Kepala
S2, Unhas Makassar Kependudukan & Peng. SDM
028105301

Dra. Hj. Maryati Z. , M.Si.

S1, Unismuh Makassar Pendidikan Umum Lektor Kepala
S2, Unhas Makassar Komuniklasi Pendidikan
0024015401

Dra. Hj. Syahribulan K., M.Pd.

S1, IKIP Ujung Pandang Tata Boga Lektor Kepala
S2, Univ. Negeri Makassar Pendidikan IPS
0010045408

Dra. Hj. Muliati Samad, M.Si.

S1, IKIP Ujung Pandang Tata Busana Lektor Kepala
S2, Unhas Makassar Komunikasi Pendidikan
0910116803

Dra. Nurlinda Azis, M.Si.

S1, Unhas Makassar Sastra Tenaga Pengajar
S2, UGM Yogyakarta Psikologi
0910097602

Ainun Jariah, S.Ag., M.A.

S1, IAIN Sunan Kalijaga Pendidikan Agama Tenaga Pengajar
S2, Universiitas Gajah Mada Pendidikan Agama
0918087802

Andi Adam, S.Pd., M.Pd.

S1, Unismuh Makassar Pendidikan Bahasa Lektor
S2, Unesa Surabaya PGSD, Pend. Bahasa Indonesia
0923057901

Tasrif Akib, S.Pd., M.Pd.

S1, Unismuh Makassar Pend. Bahasa Inggris Asisten Ahli
S2, UMM Malang PGSD, Pend. Bahasa Indonesia
S3, UNM Makassar Ilmu Pendidikan
0910038101

Syekh Adi Wijaya, S.Pd., M.Pd.

S1, Unismuh Makassar Pend. Bahasa & Sastra Indonesia Asisten Ahli
S2, UMM Malang PGSD, Pend. Bahasa Indonesia
S3, Unesa Surabaya
0911068101

Aliem Bahri, S.Pd., M.Pd.

S1, Unismuh Makassar Pend. Bahasa & Sastra Indonesia Lektor
S2, Univ. Negeri Surabaya PGSD, Pend. Bahasa Indonesia
S3, UNM Makassar Ilmu Pendidikan
0921018202

Abdan Syakur, S.Pd., M.Pd.

S1, Unismuh Makassar Pend. Bahasa & Sastra Indonesia Asisten Ahli
S2, UMM Malang PGSD, Pend. Bahasa Indonesia
0912018401

Abdul Azis, S.Pd., M.Pd.

S1, Unismuh Makassar PGSD Asisten Ahli
S2, UNM Makassar Pendidikan IPS, Hukum dan Kewarganegaraan
S3, UPI Bandung Pendidikan PPKN
0912038604

Rubianto, S.Pd., M.Pd.

S1, Unismuh Makassar PGSD Asisten Ahli
S2, Univ. Negeri Makassar Pendidikan IPS, IPS SD
0909058601

Fitri Yanti Muchtar, S. Pd., M. Pd.

S1, Unismuh Makassar PGSD Tenaga Pengajar
S2, Univ. Negeri Makassar Pendidikan IPS, IPS SD
0922098601

Andi Ardhilah Wahyudi, S.Pd., M. Si.

S1, Unismuh Makassar Pendidikan Matematika Asisten Ahli
S2, Unhas Makassar Matematika Sains
0911108603

Amri Amal, S.Pd., M.Pd.

S1, Unismuh Makassar Pendidikan Fisika Tenaga Pengajar
S2, Univ. Negeri Semarang Pendidikan Dasar, Pendidikan IPA SD
0918108602

Hamdana Hadaming, S.Pd., M.Pd.

S1, Unismuh Makassar Pendidikan Matematika Asisten Ahli
S2, Unhas Makassar Matematika Sains
0924128601

Ade Irma Suriani, S.Pd., M. Pd.

S1, UNM Makassar PGSD Asisten Ahli
S2, Univ. Negeri Malang Pendidikan IPS
0915108704

Nasrah, S.Si., M.Pd.

S1, UNM Makassar Pendidikan Fisika Asisten Ahli
S2, UNM Makassar Pendidikan Fisika
0911088803

Abd. Rajab, S.Pd., M.Pd.

S1, Unismuh Makassar Pendidikan Bahasa Inggris Asisten Ahli
S2, UNM Makassar Pendidikan Bahasa Inggris
0918128801

A. Muafiah Nur, S.Pd., M. Pd.

S1, UNM Makassar Pendidikan Fisika Tenaga Pengajar
S2, UPI Bandung Pendidikan IPA
0901038902

Syarifah Aeni Rahman, S.Pd., M.Pd.

S1, UNM Makassar PGSD Asisten Ahli
S2, UNM Makassar Pendidikan IPS, IPS SD
0916038902

Ashar,S.Or., S.Pd., M.Pd.

S1, UNM Makassar Ilmu Keolahragaan & Pendidikan Jamani, Kesehatan dan Rekreasi Asisten Ahli
S2, UNM Makassar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kekhususan Guru Sekolah Dasar (SD)
0905078902

Muh. Erwinto, S.Pd., M.Pd.

S1, Unismuh Makassar PGSD Tenaga Pengajar
S2, Unesa Surabaya Pendidikan Dasar, Pendidikan IPA
0912078901

Ummu Khaltsum, S.Pd., M.Pd.

S1, Unismuh Makassar PGSD Asisten Ahli
S2, Unismuh Makassar Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia
0931088902

Sri Rahayu, S.Pd., M.Pd.

S1, UNM Makassar Pendidikan Bahasa Asisten Ahli
S2, UNM Makassar Pendidikan Bahasa
0929118902

Sirajuddin, S.Pd., M. Pd.

S1, Unismuh Makassar Pendidikan Matematika Asisten Ahli
S2, Unesa Surabaya Pendidikan Matematika
0930079102

Syamsurianti, S. Pd., M. Pd.

S1, UNM Makassar Pendidikan IPS Tenaga Pengajar
S2, UNY Yogyakarta Pendidikan IPS
0902126601

Mustaqim Muhallim, S.Ag.

S1, Unismuh Makassar Komunikasi dan Penyiaran Islam (Dakwah Tenaga Pengajar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar

Jalan Sultan Alauddin 259 Makassar

Telepon: 0411 866972

Fax: 0411 866972

Email: fkip@unismuh.ac.id