VISI

Mewujudkan program studi yang mampu menghasilkan tenaga profesional berbasis penelitian dalam mengembangkan tenaga pendidikan di bidang Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang berkarakter islami dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi pada tahun 2025

MISI

Program Studi Pendidikan Guru PAUD Universitas Muhammadiyah Makassar adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan sesuai dengan kompetensi bidang keilmuan Pendidikan Anak Usia Dini.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang berkaitan dengan pengembangan keilmuan dan pengajaran Pendidikan Anak Usia Dini.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan profesionalisme sebagai tenaga pendidik dibidang Pendidikan Anak Usia Dini.
  4. Mengembangkan model pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini yang kreatif, inovatif berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang terimplementasi dalam perkuliahan.
  5. Membangun suasana akademik yang bernafaskan nilai-nilai ke-Islaman untuk mengembangkan kompetensi dan soft skill pada civitas akademika.
  6. Membangun majemen kerjasama dengan institusi lain dalam rangka pengembangan program studi.

TUJUAN

Sesuai dengan tujuan Universitas dan fakultas, maka tujuan  prodi Pendidikan Guru PAUD Universitaas Muhammadiyah Makassar adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dibidang Pendidikan Anak Usia Dini dan berkarakter Islami.
  2. Menghasilkan kegiatan penelitian yang beerkaitan dengan pengembangan keilmuan dan pengajaran Pendidikan Anak Usia Dini.
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian yang berorientasi pada pengembangan profesionalisme sebagai tenaga pendidik di bidang Pendidikan Anak Usia Dini.
  4. Melaksanakan hasil pengembangan model pembelajaran pendidikaan anak usia dini yang kreatif dan inovatif berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang terimplementasi dalam perkuliahan.
  5. Menciptakan suasana akademik yang bernafaskan nilai-nilai ke-Islaman untuk mengembangkan kompetensi dan soft skill pada civitas akademikaa.
  6. Melaksanakan kerjasama dengan institusi lain dalam rangka pengembaangan program studi.

PROFIL CAPAIAN PEMBELAJARAN

No PROFIL KOMPETENSI LEARNING OUTCOMES/

KOMPETENSI CAPAIAN PEMBELAJARAN

1. Calon Pendidik PAUD (Sarjana PAUD) 1.1  Menguasai konsep teoritis pedagogi dan aspek perkembangan AUD: Aspek Nilai Moral Agama, Bahasa, Kognitif, Fisik Motorik, Sosial Emosional dan Seni

1.2  Menguasai konsep pengetahuan , prinsip, dan aplikasi PAUD berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup  (lifeskill)

1.3  Mampu  merencanakan, menerapkan, mengelola, dan melakukan asesmen perkembangan anak usia dini, yang berorientasi pada  kecakapan hidup (lifeskill) yang Islami dan nilai-nilai kemuhammadiyahan

1.4  Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran AUD melalui pendekatan saintifik.

1.5  Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar, strategi pembelajaran, media pembelajaran berbasis IPTEK serta menunjukkan sikap bertanggung jawab secara mandiri pada tugasnya

1.6  Menguasai pengelolaan lembaga PAUD secara kreatif, inovatif dan kontekstual yang mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik baik pada tingkat nasional maupun internasional

2. Pengelola PAUD 2.1  Menguasai dasar-dasar teori  manajemen  untuk merencanakan, menerapkan, mengelola, memecahkan masalah organisasi, serta tata kelola di PAUD

2.2  Mampu memecahkan permasalahan kelembagaan / PAUD, merencanakan dan mengembangkan PAUD melalui pendekatan yang berorientasi nilai-nilai Islami, logis dan komperehensif, kreatif dan inovatif.

2.3  Memiliki kemampuan managerial dalam penyelenggaraan PAUD (mampu melakukan supervisi di PAUD dan mengembangkan bentuk kerjasama dengan stakeholder)

2.4  Memiliki jiwa kepemimpinan

3. Enterpreunership 3.1 Memiliki jiwa kepemimpinan dan enterpreunership

3.2 Mengembangkan usaha-usaha yang berhubungan dengan bidang anak usia dini

4. Peneliti Pemula KePAUDan 4.1  Menguasai konsep teoritis bidang penelitian pendidikan dan mampu menerapkannya dalam menyelesaikan masalah PAUD

4.2  Mampu merencanakan, melaksanakan, dan memanfaatkan hasil penelitian di bidang PAUD

No. Nama Dosen Tetap NIDN** Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan
1 Intisari, S.Pd., M.Pd 0920018407 S1. PAUD

S2. PAUD

2 Nur Alim Amri, S.Pd., M.Pd 0917058705 S1. Pend.Bahasa Inggris

S2. PAUD

3 Sri Sufliati Romba, S.Pd., M.Pd 0922127903 S1. Pend. Bahasa Inggris

S2. PAUD

4 Fadhillah Latief, S.Psi., M.Pd 0908108701 S1. Psikologi

S2. PAUD

5 Arie Martuty, S.Si., M.Pd 0903037903 S1. Pendidikan Kimia

S2. PAUD

6 Dra. Indra Djauharini Amry, M.Pd 0906066805 S1. Administrasi Pendidikan

S2. PAUD

7 Musfira, S.Ag., M.Pd 0919107402 S2. PAUD
8 Muh. Yusran Rahmat, S.Pd., M.Pd 0912098903 S1. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

S2. Pendidikan  Jasmani Dan Kesehatan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar

Jalan Sultan Alauddin 259 Makassar

Telepon: 0411 866972

Fax: 0411 866972

Email: fkip@unismuh.ac.id