Program studi pendidikan Fisika resmi terdaftar berdasarkan keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas RI dengan No. 2650/D/T/2006 Tertanggal 10 Juli 2006 dan telah diterbitkan perpanjangan ijin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Fisika berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Tinggi No. 2614/D/T/K-1X/2010 Tertanggal 24 Juni 2010.

Visi

Mewujudkan program studi yang unggul dan terpercaya dalam menghasilkan tenaga pendidik di bidang Pendidikan Fisika yang berkarakter islami.

Misi

Berdasarkan visi tersebut, Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unismuh Makassar mengemban misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran fisika berbasis kompetensi yang berkarakter islami.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam rangka mengkaji dan mengembangkan bidang pendidikan fisika.
  3. Menguatkan pengabdian pada masyarakat melalui jalinan kemitraan dengan berbagai lembaga pendidikan dan instansi terkait serta stakeholder

Tujuan Program Studi

Tujuan Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unismuh Makassar adalah:

  1. Menghasilkan tenaga pendidik yang berkualitas dan berkarakter Islami.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik yang mampu mengembangkan dan menerapkan pembelajaran fisika yang inovatif.
  3. Meningkatkan kemitraan dengan berbagai lembaga pendidikan dan instansi terkait, serta stakeholder berlandaskan pengabdian pada masyarakat.

KKNI &PROFIL LULUSAN

 

DESKRIPSI GENERIK

KKNI

DESKRIPSI SPESIFIK

KKNI

PROFIL LULUSAN
Jenjang Kualifikasi 6 (paragraf pertama)

Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang  dihadapi dalam penyelesaian masalah.

 

1.   Mampu memanfaatkan IPTEKS yang relevan dalam lingkup Fisika untuk merancang, mengelola, memfasilitasi, mengevaluasi kelayakan, dan melakukan supervisi serta pembinaan berkelanjutan dalam implementasi praksis Fisika

2.   Mampumemanfaatkan IPTEKS yang relevan dalam lingkup Fisika dan pendidikan Fisika sebagai landasan dalam pemecahan masalah melalui kegiatan penelitian pendidikan.

1.   Guru yang Profesional bidang Fisika dan IPA,

2.   Guru Fisika yang menguasai TIK,

3.   Peneliti,

4.   Instruktur Lembaga pendidikan formal dan non formal.

5.   Calon guru Fisika yang memiliki kemampuan fisika untuk meneruskan studi di jenjang yang lebih tinggi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenjang Kualifikasi 6 (paragraf kedua)

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

1.   Menguasai konsep-konsep dasar Fisika dan teori belajar fisika sebagai landasan dalam menganalisis dan menerapkan layanan pendidikan bagi peserta didik serta landasan dalam merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran

2.   Menguasai konsep-konsep dasar di bidang Fisika yang diaplikasikan untuk merancang kegiatan penelitian, pengumpulan dan pengolahan data, serta mempublikasikan hasil-hasil

Jenjang Kualifikasi 6 (paragraf ketiga)

Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.

 

1.   Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data untuk menentukan berbagai alternative pemecahan masalah

2.   Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data untuk menentukan berbagai alternatif pemenuhan kebutuhan belajar bagi peserta didik

Jenjang Kualifikasi 6 (paragraf keempat)

. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Mampu menunjukkan kinerja sebagai calon guru Fisika, dandapat mempertanggungjawabkan kepada pemangku kepentingan

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI

Capaian Pembelajaran Sikap

Setiap lulusan program Pendidikan Fisika harus memiliki sikap sebagai berikut:

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  • Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan local dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.

Capaian Pembelajaran Penguasaan Pengetahuan

Penguasaan Pengetahuan Bidang Keilmuan

Memahami konsep teoretis fisika klasik dan modern (kuantum) secara umum;

  1. Memahami konsep umum, prinsip, dan aplikasi matematika, komputasi, dan fisika instrumentasi;
  2. Memiliki pengetahuan operasional lengkap tentang fungsi, cara mengoperasikan instrumen fisika yang umum dan yang khusus untuk proses pembelajaran; dan
  3. Memahami prinsip, karakteristik, fungsi, dan aplikasi piranti lunak pada bidang fisika.

Penguasaan Pengetahuan Kependidikan

  1. Memahami metodologi penelitian pendidikan fisika;
  2. Menguasai pengelolaan laboratorium untuk pembelajaran fisika;
  3. Memahami konsep teoretis pendidikan, perkembangan peserta didik (aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya) secara umum;
  4. Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik:
    1. Pembelajaran Fisika (Physics teaching pedagogy) secara mendalam, yang meliputi perencanaan, penyajian dan pengelolaan pembelajaran (kurikulum, sumber belajar, media, dan model pembelajaran), serta penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Fisika;
    2. Pengembangan media pembelajaran Fisika; dan
    3. Pengembangan alat laboratorium Fisika untuk sekolah.
  5. Memahami konsep umum dan prinsip manajemen (perencanaan, operasional, pengawasan, evaluasi, dan perbaikan) laboratorium Fisika untuk sekolah;
  6. Memahami konsep umum, prinsip, dan teknik pendampingan peserta didik; dan
  7. Memahami konsep umum dan metode penelitian kependidikan di bidang Fisika.

Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus

Penguasaan Keterampilan Khusus Bidang Keilmuan

  1. Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika secara mandiri sesuai dengan kebutuhan pengguna, baik sekolah maupun masyarakat umum dengan menggunakan kaidah keilmuan dan prinsip desain instruktusional;
  2. Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika sekolah menengah melalui analisis materi subyek (pedagogical content knowledge) secara mandiri sesuai dengan kurikulum yang berlaku, prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar;
  3. Mampu menganalisis masalah, menemukan sumber masalah, dan menyelesaikan masalah instrumentasi fisika dalam proses pembelajaran fisika dan masalah manajemen laboratorium fisika sesuai dengan kaidah keilmuan fisika;
  4. Mampu menganalisis dan mengusulkan berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan media belajar fisika dan masalah manajemen laboratorium fisika, serta menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat;
  5. Mampu meningkatkan kualitas, efektivitas, dan efisiensi perangkat pembelajaran fisika secara mandiri dengan menggunakan kaidah keilmuan dan prinsip-prinsip inovasi; dan
  6. Mampu mempromosikan pentingnya pembelajaran fisika bagi siswa, orang tua siswa, maupun masyarakat umum dengan menggunakan media komunikasi konvensional atau mutakhir yang efektif dan relevan bagi sasaran.

Penguasaan Keterampilan Khusus Kependidikan

  1. Mampu melaksanakan pembelajaran fisika sekolah menengah dengan pendekatan saintifik sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa agar mampu mengembangkan kemampuan berfikir dan sikap ilmiah;
  2. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas dan penggunaan laboratorium untuk pembelajaran Fisika;
  3. Mampu melaksanakan kegiatan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar yang sahih, andal, obyektif, dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran Fisika), yang meliputi:
    1. Penentuan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi;
    2. Penentuan prosedur sesuai dengan tujuan penilaian dan evaluasi;
    3. Pengembangan teknik dan instrumen penilaian dan evaluasi;
    4. Pelaksanaan evaluasi sesuai prosedur, teknik, dan instrumen yang ditentukan;
    5. Pelaksanaan proses moderasi penilaian;
    6. Analisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan; dan
    7. Pengadministrasian penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan;
  4. Mampu melakukan analisis reflektif terhadap pembelajaran (melalui pengamatan dan umpan balik dari peserta didik, orangtua peserta didik, serta rekan sejawat) untuk peningkatan kualitas pembelajaran;
  5. Mampu melakukan penelitian tindakan kelas (action research) dengan pendekatan kuantitatif dan atau kualitatif untuk menyelesaikan masalah pembelajaran fisika dan membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah; dan
  6. Mampu melakukan pendampingan peserta didik dengan mempertimbangkan aspek sosio-kultural, serta bekerjasama dengan pihak-pihak yang berkaitan (orang tua dan teman-teman peserta didik, masyarakat sekitar, serta guru sejawat).

Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum

Setiap lulusan program Pendidikan Fisika harus memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskankepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin keshahihan dan mencegah plagiasi.

CAPAIAN PEMBELAJARAN PERKULIAHAN

Capaian Belajar Prodi Capaian Pembelajaran Perkuliahan

(course learning outcomes-CLO)

tercantum pada deskripsi matakuliah

Sikap (S)
S 1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious Pendidikan Agama

AIK II

AIK III

AIK IV

AIK V

AIK VI

AIK VII

AIK VIII

Kajian Fisika dalam al-Qur’an

S 2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika Pancasila

PKn

Perkembangan Peserta Didik

Etika dan Profesi Keguruan

Pengantar Pendidikan

S 3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila PLD (Pengenalan Lapangan Dasar)

PLL (Pengenalan Lapangan Lanjut)

P2K

S 4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa Pancasila

PKn

Bahasa Indonesia

S 5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain Pancasila

PKn

Bahasa Inggris untuk Fisika

Skripsi

S 6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan PLD (Pengenalan Lapangan Dasar)

PLL (Pengenalan Lapangan Lanjut)

P2K

Alat Ukur dan Pengukuran

Fisika Dasar

Fisika Dasar II

Elektronika

Praktik Fisika Sekolah Menengah

Eksperimen Fisika

Eksperimen Fisika Berbasis Lingkungan

S 7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara Pancasila

PKn

PLD (Pengenalan Lapangan Dasar)

PLL (Pengenalan Lapangan Lanjut)

P2K

S 8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik PLD (Pengenalan Lapangan Dasar)

PLL (Pengenalan Lapangan Lanjut)

P2K

S 9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri Alat Ukur dan Pengukuran

Fisika Dasar

Fisika Dasar II

Elektronika

Praktik Fisika Sekolah Menengah

Eksperimen Fisika

Eksperimen Fisika Berbasis Lingkungan Multimedia Pembelajaran

Statistik Terapan

Microteaching

Seminar Fisika

Skripsi

S 10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan Kewirausahaan
S 11 Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya Perkembangan Peserta Didik

Etika dan Profesi Keguruan

Pengantar Pendidikan

Seminar Fisika

Skripsi

Penguasaan Pengetahuan
Penguasaan Pengetahuan Bidang Keilmuan (PPBK)
PPBK 1 Memahami konsep teoretis fisika klasik dan modern (kuantum) secara umum Fisika Dasar

Fisika Dasar II

Fisika Modern

Fisika Kuantum

PPBK 2 Memahami konsep umum, prinsip, dan aplikasi matematika, komputasi, dan fisika instrumentasi Fisika Matematika I

Fisika Matematika II

Fisika Komputasi

PPBK 3 Memiliki pengetahuan operasional lengkap tentang fungsi, cara mengoperasikan instrumen fisika yang umum dan yang khusus untuk proses pembelajaran Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Fisika

Instrumen Tes

Instrumen Non Tes

Pengembangan Perangkat Pembelajaran

PPBK 4 Memahami prinsip, karakteristik, fungsi, dan aplikasi piranti lunak pada bidang fisika Multimedia Pembelajaran

Pembelajaran Daring

Fisika Komputasi

Statistik Terapan

Pengantar e-learning

Penguasaan Pengetahuan Kependidikan (PPK)
PPK 1 Memahami metodologi penelitian pendidikan fisika Metodologi Penelitian

Penelitian Tindakan Kelas

PPK 2 Menguasai pengelolaan laboratorium untuk pembelajaran fisika Manajemen Laboratorium

Praktikum Fisika Sekolah Menengah

Desain Praktikum Fisika

PPK 3 Memahami konsep teoretis pendidikan, perkembangan peserta didik (aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya) secara umum Perkembangan Peserta Didik

Etika dan Profesi Keguruan

Pengantar Pendidikan

PPK 4(a) Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik:

Pembelajaran Fisika (Physics teaching pedagogy) secara mendalam, yang meliputi perencanaan, penyajian dan pengelolaan pembelajaran (kurikulum, sumber belajar, media, dan model pembelajaran), serta penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Fisika

Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Kapita Selekta

Inovasi Pembelajaran Fisika

Telaah Kurikulum Fisika

Teori Belajar dan Pembelajaran Fisika

Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Fisika

Microteaching

PPK 4(b) Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik:

Pengembangan media pembelajaran Fisika

Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Multimedia Pembelajaran

 

PPK 4(c) Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik:

Pengembangan alat laboratorium Fisika untuk sekolah

Fisika Dasar I

Fisika Dasar II

Alat Ukur dan Pengukuran

Eksperimen Fisika Berbasis Lingkungan

Praktek Fisika Sekolah Menengah

Desain Praktikum Fisika

PPK 5 Memahami konsep umum dan prinsip manajemen (perencanaan, operasional, pengawasan, evaluasi, dan perbaikan) laboratorium Fisika untuk sekolah Manajemen Laboratorium
PPK 6 Memahami konsep umum, prinsip, dan teknik pendampingan peserta didik Perkembangan Peserta Didik

Microteaching

PLD (Pengenalan Lapangan Dasar)

PLL (Pengenalan Lapangan Lanjut)

PPK 7 Memahami konsep umum dan metode penelitian kependidikan di bidang Fisika Metodologi Penelitian

Penelitian Tindakan Kelas

Keterampilan Khusus
Keterampilan Khusus Bidang Keilmuan (KKBK)
KKBK 1 Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika secara mandiri sesuai dengan kebutuhan pengguna, baik sekolah maupun masyarakat umum dengan menggunakan kaidah keilmuan dan prinsip desain instruktusional Telaah Kurikulum Fisika

Teori Belajar dan Pembelajaran Fisika

Inovasi Pembelajaran Fisika

Pengembangan Perangkat Pembelajaran

KKBK 2 Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika sekolah menengah melalui analisis materi subyek (pedagogical content knowledge) secara mandiri sesuai dengan kurikulum yang berlaku, prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar Telaah Kurikulum Fisika

Teori Belajar dan Pembelajaran Fisika

Inovasi Pembelajaran Fisika

Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Eksperimen Fisika Berbasis Lingkungan

Fisika Sekolah Menengah

Multimedia Pembelajaran

Pembelajaran Daring

KKBK 3 Mampu menganalisis masalah, menemukan sumber masalah, dan menyelesaikan masalah instrumentasi fisika dalam proses pembelajaran fisika dan masalah manajemen laboratorium fisika sesuai dengan kaidah keilmuan fisika Manajemen Laboratorium

 

KKBK 4 Mampu menganalisis dan mengusulkan berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan media belajar fisika dan masalah manajemen laboratorium fisika, serta menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat  

 

Multimedia Pembelajaran

Pembelajaran Daring

 

KKBK 5 Mampu meningkatkan kualitas, efektivitas, dan efisiensi perangkat pembelajaran fisika secara mandiri dengan menggunakan kaidah keilmuan dan prinsip-prinsip inovasi Telaah Kurikulum Fisika

Teori Belajar dan Pembelajaran Fisika

Inovasi Pembelajaran Fisika

Pengembangan Perangkat Pembelajaran

KKBK 6 Mampu mempromosikan pentingnya pembelajaran fisika bagi siswa, orang tua siswa, maupun masyarakat umum dengan menggunakan media komunikasi konvensional atau mutakhir yang efektif dan relevan bagi sasaran PLD (Pengenalan Lapangan Dasar)

PLL (Pengenalan Lapangan Lanjut)

P2K

Skripsi

Keterampilan Khusus Kependidikan (KKK)
KKK 1 Mampu melaksanakan pembelajaran fisika sekolah menengah dengan pendekatan saintifik sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa agar mampu mengembangkan kemampuan berfikir dan sikap ilmiah Fisika Sekolah Menengah
 KKK 2 Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas dan penggunaan laboratorium untuk pembelajaran Fisika Manajemen Laboratorium
KKK 3 Mampu melaksanakan kegiatan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar yang sahih, andal, obyektif, dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran Fisika), yang meliputi:

a)   Penentuan aspek-aspek proses dan hasil belajar  yang penting untuk dinilai dan dievaluasi;

b)   Penentuan prosedur sesuai dengan tujuan penilaian dan evaluasi;

c)    Pengembangan teknik dan instrumen penilaian dan evaluasi;

d)   Pelaksanaan evaluasi sesuai prosedur, teknik, dan instrumen yang ditentukan;

e)   Pelaksanaan proses moderasi penilaian;

f)     Analisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan; dan

g)    Pengadministrasian penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Fisika

 

KKK 4 Mampu melakukan analisis reflektif terhadap pembelajaran (melalui pengamatan dan umpan balik dari peserta didik, orangtua peserta didik, serta rekan sejawat) untuk peningkatan kualitas pembelajaran  

 

Microteaching

PLD (Pengenalan Lapangan Dasar)

PLL (Pengenalan Lapangan Lanjut)

KKK 5 Mampu melakukan penelitian tindakan kelas (action research) dengan pendekatan kuantitatif dan atau kualitatif untuk menyelesaikan masalah pembelajaran fisika dan membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah  

 

 

Penelitian Tindakan Kelas

 

 

 

 

KKK 6 Mampu melakukan pendampingan peserta didik dengan mempertimbangkan aspek sosio-kultural, serta bekerjasama dengan pihak-pihak yang berkaitan (orang tua dan teman-teman peserta didik, masyarakat sekitar, serta guru sejawat)  

 

PLD (Pengenalan Lapangan Dasar)

PLL (Pengenalan Lapangan Lanjut)

P2K

Skripsi

Keterampilan Umum (KU)
KU 1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya Inovasi pembelajaran Fisika
 KU 2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur Microteaching

PLD (Pengenalan Lapangan Dasar)

PLL (Pengenalan Lapangan Lanjut)

P2K

Skripsi

KU 3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni  

 

 

 

Multimedia Pembelajaran

Pembelajaran Daring

Inovasi Pembelajaran Fisika

 

KU 4 Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi  

Skripsi

Seminar Fisika

KU 5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data Statistik Dasar

Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Fisika

Fisika Komputasi

Statistik Terapan

KU 6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya Kewirausahaan

PLD (Pengenalan Lapangan Dasar)

PLL (Pengenalan Lapangan Lanjut)

P2K

Skripsi

KU 7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskankepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya  

 

Kewirausahaan

Eksperimen Berbasis Lingkungan

Fisika Terapan

KU 8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri  

PLD (Pengenalan Lapangan Dasar)

PLL (Pengenalan Lapangan Lanjut)

P2K

 

KU 9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin keshahihan dan mencegah plagiasi  

 

Skripsi

 KANDUNGAN ELEMEN KOMPETENSI

Capaian Pembelajaran Capaian Belajar Prodi Elemen Kompetensi
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
Sikap S 1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius          
S 2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika          
S 3 Berkontribusidalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila        
S 4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa        
S 5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain        
S 6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan      
S 7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara        
S 8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik      
S 9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri        
S 10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan      
S 11 Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya
Penguasaan Pengetahuan Bidang Keilmuan

 

PPBK 1 Memahami konsep teoretis fisika klasik dan modern (kuantum) secara umum        
PPBK 2 Memahami konsep umum, prinsip, dan aplikasi matematika, komputasi, dan fisika instrumentasi        
PPBK 3 Memiliki pengetahuan operasional lengkap tentang fungsi, cara mengoperasikan instrumen fisika yang umum dan yang khusus untuk proses pembelajaran        
PPBK 4 Memahami prinsip, karakteristik, fungsi, dan aplikasi piranti lunak pada bidang fisika        
Penguasaan Pengetahuan Kependidikan PPK 1 Memahami metodologi penelitian pendidikan fisika        
PPK 2 Menguasai pengelolaan laboratorium untuk pembelajaran fisika        
PPK 3 Memahami konsep teoretis pendidikan, perkembangan peserta didik (aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya) secara umum        
PPK 4(a) Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik:

Pembelajaran Fisika (Physics teaching pedagogy) secara mendalam, yang meliputi perencanaan, penyajian dan pengelolaan pembelajaran (kurikulum, sumber belajar, media, dan model pembelajaran), serta penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Fisika

       
PPK 4(b) Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik:

Pengembangan media pembelajaran Fisika

       
PPK 4(c) Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik:

Pengembangan alat laboratorium Fisika untuk sekolah

     
PPK 5 Memahami konsep umum dan prinsip manajemen (perencanaan, operasional, pengawasan, evaluasi, dan perbaikan) laboratorium Fisika untuk sekolah      
PPK 6 Memahami konsep umum, prinsip, dan teknik pendampingan peserta didik      
PPK 7 Memahami konsep umum dan metode penelitian kependidikan di bidang Fisika        
Keterampilan Khusus Bidang Keilmuan

 

KKBK 1 Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika secara mandiri sesuai dengan kebutuhan pengguna, baik sekolah maupun masyarakat umum dengan menggunakan kaidah keilmuan dan prinsip desain instruktusional    
KKBK 2 Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika sekolah menengah melalui analisis materi subyek (pedagogical content knowledge) secara mandiri sesuai dengan kurikulum yang berlaku, prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar      
KKBK 3 Mampu menganalisis masalah, menemukan sumber masalah, dan menyelesaikan masalah instrumentasi fisika dalam proses pembelajaran fisika dan masalah manajemen laboratorium fisika sesuai dengan kaidah keilmuan fisika

 

     
 

KKBK 4

Mampu menganalisis dan mengusulkan berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan media belajar fisika dan masalah manajemen laboratorium fisika, serta menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat  

 

     
KKBK 5 Mampu meningkatkan kualitas, efektivitas, dan efisiensi perangkat pembelajaran fisika secara mandiri dengan menggunakan kaidah keilmuan dan prinsip-prinsip inovasi        
KKBK 6 Mampu mempromosikan pentingnya pembelajaran fisika bagi siswa, orang tua siswa, maupun masyarakat umum dengan menggunakan media komunikasi konvensional atau mutakhir yang efektif dan relevan bagi sasaran          
Keterampilan Khusus Kependidikan KKK 1 Mampu melaksanakan pembelajaran fisika sekolah menengah dengan pendekatan saintifik sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa agar mampu mengembangkan kemampuan berfikir dan sikap ilmiah

 

     
 KKK 2 Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas dan penggunaan laboratorium untuk pembelajaran Fisika        
KKK 3 Mampu melaksanakan kegiatan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar yang sahih, andal, obyektif, dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran Fisika), yang meliputi:

a)     Penentuan aspek-aspek proses dan hasil belajar  yang penting untuk dinilai dan dievaluasi;

b)     Penentuan prosedur sesuai dengan tujuan penilaian dan evaluasi;

c)     Pengembangan teknik dan instrumen penilaian dan evaluasi;

d)     Pelaksanaan evaluasi sesuai prosedur, teknik, dan instrumen yang ditentukan;

e)     Pelaksanaan proses moderasi penilaian;

f)      Analisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan; dan

g)     Pengadministrasian penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan;

       
KKK 4 Mampu melakukan analisis reflektif terhadap pembelajaran (melalui pengamatan dan umpan balik dari peserta didik, orangtua peserta didik, serta rekan sejawat) untuk peningkatan kualitas pembelajaran        
KKK 5 Mampu melakukan penelitian tindakan kelas (action research) dengan pendekatan kuantitatif dan atau kualitatif untuk menyelesaikan masalah pembelajaran fisika dan membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah        
KKK 6 Mampu melakukan pendampingan peserta didik dengan mempertimbangkan aspek sosio-kultural, serta bekerjasama dengan pihak-pihak yang berkaitan (orang tua dan teman-teman peserta didik, masyarakat sekitar, serta guru sejawat)      
Keterampilan Umum KU 1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai

humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

   

 

   

 

 KU 2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur        
KU 3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni    
KU 4 Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi        
KU 5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data      
KU 6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya          
KU 7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskankepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya          
KU 8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri          
KU 9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin keshahihan dan mencegah plagiasi      
Elemen Kompetensi:

1.      Nasionalisme dan Karakter Bangsa (Kepribadian);

2.      Penguasaan Akademik Kependidikan;

3.      Penguasaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan/atau Olahraga;

4.      Kemampuan dan Keterampilan Berkarya;

5.      Sikap dan Perilaku berkarya Menurut Tingkat keahlian Berdasarkan Ilmu dan Keterampilan yang Dikuasai; dan

6.      Penguasaan Kaidah Berkehidupan Bermasyarakat sesuai dengan pilihan Keahlian berkarya.

 

 PEMBENTUKAN MATAKULIAH

Capaian Belajar Prodi Bahan Kajian
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
Sikap
S 1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
S 2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika
S 3 Berkontribusidalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
S 4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S 5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain
S 6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S 7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S 8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S 9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S 10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
S 11 Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya
Penguasaan Pengetahuan Bidang Keilmuan
PPBK 1 Memahami konsep teoretis fisika klasik dan modern (kuantum) secara umum
PPBK 2 Memahami konsep umum, prinsip, dan aplikasi matematika, komputasi, dan fisika instrumentasi
PPBK 3 Memiliki pengetahuan operasional lengkap tentang fungsi, cara mengoperasikan instrumen fisika yang umum dan yang khusus untuk proses pembelajaran
PPBK 4 Memahami prinsip, karakteristik, fungsi, dan aplikasi piranti lunak pada bidang fisika      
Penguasaan Pengetahuan Kependidikan
PPK 1 Memahami metodologi penelitian pendidikan fisika      
PPK 2 Menguasai pengelolaan laboratorium untuk pembelajaran fisika      
PPK 3 Memahami konsep teoretis pendidikan, perkembangan peserta didik (aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya) secara umum      
PPK 4(a) Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik:

Pembelajaran Fisika (Physics teaching pedagogy) secara mendalam, yang meliputi perencanaan, penyajian dan pengelolaan pembelajaran (kurikulum, sumber belajar, media, dan model pembelajaran), serta penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Fisika

     
PPK 4(b) Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik:

Pengembangan media pembelajaran Fisika

       
PPK 4(c) Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik:

Pengembangan alat laboratorium Fisika untuk sekolah

       
PPK 5 Memahami konsep umum dan prinsip manajemen (perencanaan, operasional, pengawasan, evaluasi, dan perbaikan) laboratorium Fisika untuk sekolah      
PPK 6 Memahami konsep umum, prinsip, dan teknik pendampingan peserta didik          
PPK 7 Memahami konsep umum dan metode penelitian kependidikan di bidang Fisika      
Keterampilan Khusus Bidang Keilmuan
KKBK 1 Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika secara mandiri sesuai dengan kebutuhan pengguna, baik sekolah maupun masyarakat umum dengan menggunakan kaidah keilmuan dan prinsip desain instruktusional        
KKBK 2 Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika sekolah menengah melalui analisis materi subyek (pedagogical content knowledge) secara mandiri sesuai dengan kurikulum yang berlaku, prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar        
KKBK 3 Mampu menganalisis masalah, menemukan sumber masalah, dan menyelesaikan masalah instrumentasi fisika dalam proses pembelajaran fisika dan masalah manajemen laboratorium fisika sesuai dengan kaidah keilmuan fisika      
KKBK 4 Mampu menganalisis dan mengusulkan berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan media belajar fisika dan masalah manajemen laboratorium fisika, serta menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat      
KKBK 5 Mampu meningkatkan kualitas, efektivitas, dan efisiensi perangkat pembelajaran fisika secara mandiri dengan menggunakan kaidah keilmuan dan prinsip-prinsip inovasi        
KKBK 6 Mampu mempromosikan pentingnya pembelajaran fisika bagi siswa, orang tua siswa, maupun masyarakat umum dengan menggunakan media komunikasi konvensional atau mutakhir yang efektif dan relevan bagi sasaran          
Keterampilan Khusus Kependidikan
KKK 1 Mampu melaksanakan pembelajaran fisika sekolah menengah dengan pendekatan saintifik sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa agar mampu mengembangkan kemampuan berfikir dan sikap ilmiah            
 KKK 2 Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas dan penggunaan laboratorium untuk pembelajaran Fisika          
KKK 3 Mampu melaksanakan kegiatan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar yang sahih, andal, obyektif, dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran Fisika), yang meliputi:

h)     Penentuan aspek-aspek proses dan hasil belajar  yang penting untuk dinilai dan dievaluasi;

i)       Penentuan prosedur sesuai dengan tujuan penilaian dan evaluasi;

j)       Pengembangan teknik dan instrumen penilaian dan evaluasi;

k)     Pelaksanaan evaluasi sesuai prosedur, teknik, dan instrumen yang ditentukan;

l)       Pelaksanaan proses moderasi penilaian;

m)  Analisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan; dan

n)     Pengadministrasian penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan;

           
KKK 4 Mampu melakukan analisis reflektif terhadap pembelajaran (melalui pengamatan dan umpan balik dari peserta didik, orangtua peserta didik, serta rekan sejawat) untuk peningkatan kualitas pembelajaran          
KKK 5 Mampu melakukan penelitian tindakan kelas (action research) dengan pendekatan kuantitatif dan atau kualitatif untuk menyelesaikan masalah pembelajaran fisika dan membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah          
KKK 6 Mampu melakukan pendampingan peserta didik dengan mempertimbangkan aspek sosio-kultural, serta bekerjasama dengan pihak-pihak yang berkaitan (orang tua dan teman-teman peserta didik, masyarakat sekitar, serta guru sejawat)          
Keterampilan Umum
KU 1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya          
 KU 2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur          
KU 3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni            
KU 4 Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

 

           
KU 5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data          
KU 6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya          
KU 7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskankepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya            
KU 8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri          
KU 9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin keshahihan dan mencegah plagiasi          
Bahan Kajian

1.   Kajian Ilmu Pendidikan;

2.   Kajian Pendidikan Dasar;

3.   Kajian Perkembangan Peserta Didik;

4.   Kajian Strategi Pembelajaran;

5.   Kajian Bidang yang diajarkan;

6.   Kajian Sistem Evaluasi;

7.   Kajian TIK dalam Pembelajaran.

 

KELOMPOK, SEBARAN, DAN SISTEM KREDIT SATUAN (SKS) MATAKULIAH

MATA KULIAH AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN (MIK)

No KODE MK MATA KULIAH SEMESTER PRASYARAT sks TEORI PRAKTIK
1 MIK1052202 AIK II II 2 2 0
2 MIK1053203 AIK III III 2 2 0
3 MIK1054204 AIK IV IV 2 2 0
4 MIK1055205 AIK V V 2 2 0
5 MIK1056206 AIK VI VI 2 2 0
6 MIK1057207 AIK VII VII 2 2 0
7 MIK1058208 AIK VIII VIII 2 2 0
TOTAL 14 14 0

MATA KULIAH UMUM (MKU)

No KODE MK MATA KULIAH SEMESTER PRASYARAT sks TEORI PRAKTIK
1 MKU1051201 Pendidikan Agama Islam I 2 2 0
2 MKU1051202 Bahasa Indonesia I 2 2 0
3 MKU1053203 Ilmu sosial budaya dasar III 2 2 0
4 MKU1052204 Bahasa Inggris II 2 2 0
5 MKU1052205 Aplikasi computer II 2 0 2
6 MKU1053206 Statistika Dasar III 2 2 0
7 MKU1057207 Kewirausahaan(*) VII 2 2 0
8 MKU1051208 Pengantar Pendidikan I 2 2 0
9 MKU1055209 Filsafat Pendidikan(*) V 2 2 0
10 MKU1051210 PPKN I 2 2 0
TOTAL 20 18 2

MATA KULIAH DASAR KEPENDIDIKAN (MKDK)

No KODE MK MATA KULIAH SEMESTER PRASYARAT sks TEORI PRAKTIK
1 MKDK391201 Profesi Keguruan I 2 2 0
2 MKDK392202 Perkembangan Peserta Didik II 2 2 0
3 MKDK397203 MBS(*) VII 2 2 0
TOTAL 6 6 0

MATA KULIAH BIDANG KEAHLIAN (MKBK)

No KODE MK MATA KULIAH SEMESTER PRASYARAT sks TEORI PRAKTIK
01 MKBK391401 Fisika Dasar 1 I 4 2 2
02 MKBK392402 Fisika Dasar 2 II FISDAS 1 4 2 2
03 MKBK391303 Kalkulus I 3 3 0
04 MKBK395204 Fisika Lingkungan V 2 2 0
05 MKBK391305 IPA Terpadu 1 I 3 3 0
06 MKBK392306 IPA Terpadu 2 II IPA 1 3 3 0
07 MKBK391307 Alat ukur dan Pengukuran I 3 2 1
08 MKBK393308 Fisika Matematika 1 III 3 3 0
09 MKBK394309 Fisika Matematika 2 IV FISMAT 1 3 3 0
10 MKBK393410 Elektronika Dasar III 4 2 2
11 MKBK394311 Mekanika IV 3 3 0
12 MKBK394212 Gelombang IV 2 2 0
13 MKBK394213 Optik (*) IV 2 2 0
14 MKBK394314 Listrik Magnet IV 3 3 0
15 MKBK396315 Pendahuluan Fisika Inti VI 3 3 0
16 MKBK394316 Fisika Modern V LISMAG 3 3 0
17 MKBK395217 Fisika Statistik V 2 2 0
18 MKBK396318 Fisika Kuantum VI 3 3 0
19 MKBK396219 Eksperimen Fisika 1 VI 2 0 2
20 MKBK397220 Eksperimen Fisika 2 VII 2 0 2
21 MKBK396221 Praktek Fisika Sek Menengah(*) VI 2 0 2
22 MKBK397322 Pendahuluan Fisika Zat Padat VII 3 3 0
23 MKBK395223 Ilmu Kebumian(*) V 2 2 0
24 MKBK395224 Astronomi(*) V 2 2 0
25 MKBK397225 Fisika Terapan(*) VII 2 2 0
26 MKBK394226 Sejarah Fisika(*) IV 2 2 0
27 MKBK396227 Microteaching VI 2 0 2
28 MKBK396228 Kajian fisika dalam al-Qur’an(*) VI 2 2 0
29 MKBK397229 Media Pembelajaran Fisika (*) VII 2 1 1
30 MKBK397230 Fisika Material (*) VII 2 2 0
31 MKBK398431 P2K VIII MICROTEACHING 4 0 4
32 MKBK392232 Magang 1 II 2 0 2
33 MKBK394333 Magang 2 IV 2 0 2
34 MKBK396434 Magang 3 (*) VI 3 0 3
Total 89 62 27

MATA KULIAH KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN (MKKPP)

No KODE MK MATA KULIAH SEMESTER PRASYARAT sks TEORI PRAKTIK
1 MKKPP393201 Telaah Kurikulum SMP III 2 1 1
2 MKKPP395202 Telaah Kurikulum SMA V 2 1 1
3 MKKPP393203 Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Fisika III 2 2 0
4 MKKPP392304 MKPB I II 3 3 0
5 MKKPP393305 MKPB II III 3 3 0
6 MKKPP394206 Pembelajaran Berbasis TIK IV Aplikom 2 2 0
TOTAL 14 12 2

MATA KULIAH PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (MKPP)

No KODE MK MATA KULIAH SEMESTER PRASYARAT sks TEORI PRAKTIK
1 MKPP395301 Metodologi Penelitian V 3 3 0
2 MKPP396202 Penelitian Tindakan Kelas VI Met. Pen. 2 1 1
3 MKPP398603 Skripsi VIII 6 0 6
TOTAL 11 4 7

 JUMLAH SKS

No KELOMPOK MATA KULIAH Sks TEORI PRAKTIK
1 MATA KULIAH AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN (MIK) 14 14 0
2 MATA KULIAH UMUM (MKU) 20 18 2
3 MATA KULIAH DASAR KEPENDIDIKAN (MKDK) 6 6 0
4 MATA KULIAH BIDANG KEAHLIAN (MKBK) 89 62 27
5 MATA KULIAH  KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN (MKKPP) 14 12 2
6 MAT KULIAH PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (MKPP) 11 4 7
JUMLAH 154 116 38

MATA KULIAH WAJIB DAN PILIHAN

Mata Kuliah WAJIB

NO KODE MK MATA KULIAH S SKS TEORI PRAKTIK
01 MIK1052202 AIK II II 2 2 0
02 MIK1053203 AIK III III 2 2 0
03 MIK1054204 AIK IV IV 2 2 0
04 MIK1055205 AIK V V 2 2 0
05 MIK1056206 AIK VI VI 2 2 0
06 MIK1057207 AIK VII VII 2 2 0
07 MIK1058208 AIK VIII VIII 2 2 0
08 MKU1051201 Pendidikan Agama Islam I 2 2 0
09 MKU1051202 Bahasa Indonesia I 2 2 0
10 MKU1053203 Ilmu sosial budaya dasar III 2 2 0
11 MKU1052204 Bahasa Inggris II 2 2 0
12 MKU1052205 Aplikasi komputer II 2 0 2
13 MKU1053206 Statistika Dasar III 2 2 0
14 MKU1051208 Pengantar Pendidikan I 2 2 0
15 MKU1051210 PPKN I 2 2 0
16 MKDK391201 Profesi Keguruan I 2 2 0
17 MKDK392202 Perkembangan Peserta Didik II 2 2 0
18 MKBK391401 Fisika Dasar 1 I 4 2 2
19 MKBK392402 Fisika Dasar 2 II 4 2 2
20 MKBK391303 Kalkulus I 3 3 0
21 MKBK395204 Fisika Lingkungan V 2 2 0
22 MKBK391305 IPA Terpadu 1 I 3 3 0
23 MKBK392306 IPA Terpadu 2 II 3 3 0
24 MKBK391307 Alat ukur dan Pengukuran I 3 2 1
25 MKBK393308 Fisika Matematika 1 III 3 3 0
26 MKBK394309 Fisika Matematika 2 IV 3 3 0
27 MKBK393410 Elektronika Dasar III 4 2 2
28 MKBK394311 Mekanika IV 3 3 0
29 MKBK394212 Gelombang IV 2 2 0
30 MKBK394314 Listrik Magnet IV 3 3 0
31 MKBK396315 Pendahuluan Fisika Inti VI 3 3 0
32 MKBK394316 Fisika Modern V 3 3 0
33 MKBK395217 Fisika Statistik V 2 2 0
34 MKBK396318 Fisika Kuantum VI 3 3 0
35 MKBK396219 Eksperimen Fisika 1 VI 2 0 2
36 MKBK397220 Eksperimen Fisika 2 VII 2 0 2
37 MKBK397322 Pendahuluan Fisika Zat Padat VII 3 3 0
38 MKBK396227 Microteaching VI 2 0 2
39 MKBK398431 P2K VIII 4 0 4
40 MKBK392232 Magang 1 II 2 0 2
41 MKBK394333 Magang 2 IV 2 0 2
42 MKKPP393201 Telaah Kurikulum SMP III 2 1 1
43 MKKPP395202 Telaah Kurikulum SMA V 2 1 1
44 MKKPP393203 Evaluasi Proses & Hasil Belajar Fisika III 2 2 0
45 MKKPP392304 MKPB I II 3 3 0
46 MKKPP393305 MKPB II III 3 3 0
47 MKKPP394206 Pembelajaran Berbasis TIK IV 2 2 0
48 MKPP395301 Metodologi Penelitian V 3 3 0
49 MKPP396202 Penelitian Tindakan Kelas VI 2 1 1
50 MKPP398603 Skripsi VIII 6 0 6
Jumlah sks 127 95 32

 Mata Kuliah PILIHAN

NO KODE MK MATA KULIAH S SKS TEORI PRAKTIK
01 MKU1057207 Kewirausahaan VII 2 2 0
02 MKU1055209 Filsafat Pendidikan V 2 2 0
03 MKDK397203 MBS VII 2 2 0
04 MKBK394213 Optik IV 2 2 0
05 MKBK396221 Praktek Fisika Sek Menengah VI 2 0 2
06 MKBK395223 Ilmu Kebumian V 2 2 0
07 MKBK395224 Astronomi V 2 2 0
08 MKBK397225 Fisika Terapan VII 2 2 0
09 MKBK394226 Sejarah Fisika IV 2 2 0
10 MKBK396228 Kajian fisika dalam al-Qur’an VI 2 2 0
11 MKBK397229 Media Pembelajaran Fisika VII 2 1 1
12 MKBK397230 Fisika Material VII 2 2 0
13 MKBK396434 Magang 3 VI 3 0 3
Jumlah sks 27 21 6

SEBARAN MATAKULIAH PERSEMESTER

SEMSETER I

No KODE MATA KULIAH SKS TEORI PRAKTIK
1 MKU1051201 Pendidikan Agama Islam 2 2 0
2 MKU1051209 Bahasa Indonesia 2 2 0
3 MKU1051215 Pengantar Pendidikan 2 2 0
4 MKBK391401 Fisika Dasar 1 4 2 2
5 MKBK391303 Kalkulus 3 3 0
6 MKBK391307 Alat ukur dan Pengukuran 3 2 1
7 MKBK391305 IPA Terpadu 1 3 3 0
8 MKU1051217 PPKN 2 2 0
9 MKDK391201 Profesi Keguruan 2 2 0
Total 23 20 3

SEMSETER II

No KODE MATA KULIAH SKS TEORI PRAKTIK
1 MIK1052202 AIK II 2 2 0
2 MKU1052205 Aplikasi komputer 2 2 0
3 MKDK392202 Perkembangan Peserta Didik 2 2 0
4 MKBK392402 Fisika Dasar 2 4 2 2
5 MKBK392306 IPA Terpadu 2 3 3 0
6 MKU1052204 Bahasa Inggris 2 2 0
7 MKKPP392304 MKPB I 3 3 0
8 MKBK392232 Magang 1 2 0 2
Total 20 16 4

SEMSETER III

No KODE MATA KULIAH SKS TEORI PRAKTIK
1 MIK1053203 AIK III 2 2 0
2 MKU1053203 Ilmu sosial budaya dasar 2 2 0
3 MKU1053206 Statistika Dasar 2 2 0
4 MKBK393410 Elektronika Dasar 4 2 2
5 MKKPP393203 Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Fisika 2 2 0
6 MKBK393308 Fisika Matematika 1 3 3 0
7 MKKPP393201 Telaah Kurikulum SMP 2 1 1
8 MKKPP393305 MKPB II 3 3 0
Total 20 17 3

SEMSETER IV

No KODE MATA KULIAH SKS TEORI PRAKTIK
1 MIK1054204 AIK IV 2 2 0
2 MKBK394309 Fisika Matematika 2 3 3 0
3 MKBK394311 Mekanika 3 3 0
4 MKBK394314 Listrik Magnet 3 3 0
5 MKKPP394206 Pembelajaran Berbasis TIK 2 2 0
6 MKBK394133 Magang 2 2 0 2
7 MKBK394312 Gelombang 2 2 0
8 MKBK394226 Sejarah Fisika(*) 2 2 0
9 MKBK394213 Optik (*) 2 2 0
Total 21 19 2

SEMSETER V

No KODE MATA KULIAH SKS TEORI PRAKTIK
1 MIK1055205 AIK V 2 2 0
2 MKBK395316 Fisika Modern 3 3 0
3 MKKPP395202 Telaah Kurikulum SMA 2 1 1
4 MKPP395301 Metodologi Penelitian 3 3 0
5 MKBK395217 Fisika Statistik 2 2 0
6 MKBK395223 Ilmu Kebumian(*) 2 2 0
7 MKBK395224 Astronomi(*) 2 2 0
8 MKBK395204 Fisika Lingkungan 2 2 0
9 MKU1055209 Filsafat Pendidikan(*) 2 2 1
Total 20 19 2

SEMSETER VI

No KODE MATA KULIAH SKS TEORI PRAKTIK
1 MIK1056206 AIK VI 2 2 0
2 MKBK396315 Pendahuluan Fisika Inti 3 3 0
3 MKBK396318 Fisika Kuantum 3 3 0
4 MKBK396219 Eksperimen Fisika 1 2 0 2
5 MKBK396227 Microteaching 2 0 2
6 MKBK396228 Kajian fisika dalam al-Qur’an(*) 2 2 0
7 MKBK396221 Praktik Fisika Sek Menengah(*) 2 0 2
8 MKBK396434 Magang 3 (*) 3 0 3
9 MKPP396202 Penelitian Tindakan Kelas 2 1 1
Total 21 11 10

SEMSETER VII

No KODE MATA KULIAH SKS TEORI PRAKTIK
1 MIK1057207 AIK VII 2 2 0
2 MKBK397220 Eksperimen Fisika 2 2 0 2
3 MKBK397322 Pendahuluan Fisika Zat Padat 3 3 0
4 MKBK397225 Fisika Terapan(*) 2 2 0
5 MKBK397229 Media Pembelajaran Fisika (*) 2 1 1
6 MKBK397230 Fisika Material (*) 2 2 0
7 MKDK397203 MBS(*) 2 2 0
8 MKU1057207 Kewirausahaan(*) 2 2 0
Total 17 14 3

SEMSETER VIII

No KODE MATA KULIAH SKS TEORI PRAKTIK
1 MIK1058208 AIK VIII 2 2 0
2 MKBK398431 P2K 4 0 4
3 MKPP398603 Skripsi 6 0 6
Total 12 2 10

Catatan:

  1. Jumlah matakuliah 63
  2. SKS yang tersedia 154
  3. Mahasiswa dapat menyelesaikan S1 setelah memprogramkan 150 sks, dengan rincian sebagai berikut:
    1. Matakuliah WAJIB 127 sks (85%)
    2. Matakuliah PILIHAN 23 sks (15%) dari 27 sks yang tersedia
NO NIDN, NAMA JABATAN AKADEMIK RIWAYAT PENDIDIKAN
1 0923078201

Dr. Nurlina, M.Pd.

Lektor S1 : Universitas Negeri Makakassar

S2 : Universitas Negeri Makakassar

S3 : Universitas Negeri Makakassar

2 0929128102

Ma’ruf, M.Pd.

Lektor S1 : Universitas Negeri Makakassar

S2 : Universitas Negeri Makakassar

3 0923078501

Rahmawati, S.Pd., M.Pd.

Asisten Ahli S1 : Universitas Negeri Makakassar

S2 : Universitas Negeri Makakassar

4 0927088803

Hartono Bancong B, M.Pd.

Asisten Ahli S1 : Universitas Negeri Makakassar

S2 : Universitas Negeri Makakassar

5 0905098902

Riskawati, M.Pd.

Asisten Ahli S1 : Universitas Muhammadiyah Makakassar

S2 : Universitas Negeri Makakassar

6 0914018701

Dewi Hikmah Marisda, M.Pd.

Asisten Ahli S1 : Universitas Negeri Makakassar

S2 : Universitas Negeri Makakassar

7 0924128702

Yusri Handayani, M.Pd.

Asisten Ahli S1 : Universitas Muhammadiyah Makakassar

S2 : Universitas Negeri Makakassar

8 0905058502

Andi Arie Andriani, M.Pd.

Asisten Ahli S1 : Universitas Hasanuddin

S2 : Universitas Negeri Makakassar

9 0903077701

Ishaq, M.Pd.

Tenaga Pengajar S1 : Universitas Negeri Makakassar

S2 : Universitas Negeri Makakassar

10 0903068102

A.Gemmy Antama Mukramin, MT.

Tenaga Pengajar S1 : Universitas Hasanuddin

S2 : Universitas Hasanuddin

11 0915078101

Haerul M, M.Pd.

Tenaga Pengajar S1 : Universitas Negeri Makakassar

S2 : Universitas Negeri Makakassar

12 0903118401

Tri Hastiti Fiskawarni, M.Pd.

Tenaga Pengajar S1 : Universitas Negeri Makakassar

S2 : Universitas Negeri Makakassar

13 0925128505

Rezkawati Saad, M.Pd.

Tenaga Pengajar S1 : Universitas Negeri Makakassar

S2 : Universitas Negeri Makakassar

14 0916028601

Ana Dhiqfaini Sultan, M.Pd.

Tenaga Pengajar S1 : Universitas Negeri Makakassar

S2 : Universitas Negeri Makakassar

15 0916118702

Edy Kurniawan, M.Pd.

Tenaga Pengajar S1 : Universitas Muhammadiyah Makakassar

S2 : Universitas Negeri Makakassar

16 0910048801

Dian Pramana Putra, M.Pd.

Tenaga Pengajar S1 : Universitas Muhammadiyah Makakassar

S2 : Universitas Negeri Makakassar

17 0914098801

Salwa Rufaida, M.Pd.

Tenaga Pengajar S1 : Universitas Negeri Makakassar

S2 : Universitas Negeri Makakassar

18 0915059102

Nurazmi, M.Pd.

Tenaga Pengajar S1 : Universitas Negeri Makakassar

S2 : Universitas Negeri Makakassar

19 0904119101

Nurfadilah, M.Pd.

Tenaga Pengajar S1 : Universitas Muhammadiyah Makakassar

S2 : Universitas Negeri Makakassar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar

Jalan Sultan Alauddin 259 Makassar

Telepon: 0411 866972

Fax: 0411 866972

Email: fkip@unismuh.ac.id