Visi
Mewujudkan program studi yang unggul di tingkat nasional dalam menghasilkan tenaga professional di bidang pendidikan biologi dan berkarakter islami melalui penguatan catur darma perguruan tinggi pada tahun 2024.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Melaksanakan kegiatan penelitian di bidang biologi dan kependidikan biologi yang diorientasikan pada pengayaan materi dan inovasi pembelajaran biologi.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan biologi sebagai tindak lanjut temuan hasil penelitian.
- Menyelenggarakan kegiatan pembinaan Al Islam dan Kemuhammadiyahan baik secara khusus maupun terintegrasi dengan pembekalan konten bidang ilmu.
- Tujuan Program Studi
- Menghasilkan dosen profesional dalam bidang Pendidikan Biologi yang berkarakter Islami.
- Menghasilkan dosen yang mampu mengembangkan ilmu pendidikan biologi dalam bentuk publikasi ilmiah baik nasional maupun internasional.
- Meningkatkan kemitraan dengan berbagai lembaga pendidikan dan instansi terkait, serta stakeholder berlandaskan pengabdian pada masyarakat.
KKNI DAN PROFIL LULUSAN
DESKRIPSI GENERIK KKNI | DESKRIPSI SPESIFIK KKNI | PROFIL LULUSAN |
Jenjang Kualifikasi 6 (paragraph pertama)
Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah |
1. Mampu memanfaatkan IPTEKS yang relevan dalam lingkup Biologi untuk merancang, mengelola, memfasilitasi, mengevaluasi kelayakan, dan melakukan supervise serta pembinaan berkelanjutan dalam implementasi praktis Biologi
2. Mampu memanfaatkan IPTEKS yang relevan dalam lingkup Biologi sebagai landasan dalam pemecahan masalah melalui kegiatan penelitian pendidikan |
1. Guru yang professional di bidang Biologi dan IPA
2. Guru biologi yang menguasai TIK 3. Peneliti 4. Instruktur Lembaga pendidikan formal dan non formal 5. Calon guru Biologi yang memiliki kemampuan biologi untuk meneruskan studi ke jenjang yang lebih tinggi. |
Jenjang kualifikasi 6
(paragraf kedua) Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu menformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
1. Menguasai konsep-konsep dasar biologi dan teori belajar biologi sebagai landasan dalam menganalisis dan menerapkan layanan pendidikan bagi peserta didik serta landasan dalam merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran
2. Menguasai konsep-konsep dasar dalam bidang biologi yang diaplikasikan untuk merancang kegiatan penelitian, pengumpulan dan pengolahan data, serta mempublikasikan hasi-hasil. |
|
Jenjang kualifikasi 6
(paragraf ketiga) Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analsis informasi dan data serta memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternative solusi.
|
1. Mampu mengambil keputusan trategis berdasarkan analisis informasi dan data untuk menentukan berbagai alternative pemecahan masalah
2. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data untuk menentukan berbagai alternative pemenuhan kebutuhan belajar bagi peserta didik. |
|
Jenjang kualifikasi 6
(paragraf keempat) Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi
|
Mampu menunjukkan kinerja sebagai calon guru biologi, dan dapat mempertanggungjawabkan kepada pemangku kepentingan. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI
Sikap
Setiap lulusan S1 Pendidikan Biologi memiliki sikap sebagai berikut.
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan kode etik guru Indonesia
- Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.
- Keterampilan Umum
Setiap lulusan S1 Pendidikan Biologi memiliki keterampilan kerja secara umum sebagaimana berikut:
- mampu bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya
- mampu membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif
- mampu mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat profesinya
- mampu melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat
- mampu meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja
- mampu meningkatkan mutu sumber daya untuk pengembangan program strategis organisasi
- mampu memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya
- mampu bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesinya
- mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan kliennya
- mampu melaksanakan tugas profesional guru sesuai tuntutan peraturan perundangan bidang pendidikan dan kode etik guru Indonesia yang berlaku
- mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
- mampu berkontribusi dalam evaluasi atau pengembangan kebijakan nasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan profesi atau pengembangan kebijakan nasional pada bidang profesinya
- mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya
- Keterampilan Khusus
Setiap lulusan S1 Pendidikan Biologi memiliki keterampilan khusus secara umum sebagaimana berikut.
- mampu memilih, merancang, menyiapkan, dan menggunakan bahan dan alat-alat laboratorium pendidikan biologi serta perangkat lunak yang tepat sesuai kaidah ilmu biologi
- mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran biologi, meliputi:
- merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran biologi.
- menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran biologi; dan
- menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
- mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri pada mata pelajaran biologi
- mampu menilai dan mengevaluasi pembelajaran meliputi:
- melaksanakan penilaian otentik-holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan
- menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran;
- mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah
- mampu mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam melaksanakan tugas profesionalnya
- mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif
- Penguasaan Pengetahuan
Setiap lulusan S1 Pendidikan Biologi memiliki pengetahuan sebagai berikut:
- menguasai teori aplikasi materi pelajaran yang diampu secara mendalam pada bidang biologi.
- memahami prinsip TPACK (technological pedagogical and content knowledge) untuk pembelajaran biologi yang mendidik
- menguasai metode dan teknik penelitian kependidikan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran biologi
- menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium pendidikan biologi
- menguasai prinsip dan teknik penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran biologi
- menguasai pengetahuan faktual tentang peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku
KOMPETENSI PENDUKUNG LULUSAN
- Menguasai hal-hal dasar dalam kependidikan mencakup topik tentang pengantar pendidikan, teori belajar Biologi, evaluasi proses dan hasil pembelajaran Biologi, Perkembangan peserta didik, Magang, dan Pemantapan Profesi Keguruan (P2K).
- Pendalaman tentang perbedaan individual baik segi kognitif, emosional, fisik, sosial maupun gerak tubuh dan kemungkinan kelainan yang disandang, serta pengaruh lingkungan sosial budaya terhadap perkembangan siswa, termasuk pembentukan nilai-nilai yang relevan.
- Memahami subtansi dan metodologi dasar pembelajaran Biologi, menguasai hal-hal dasar dalam kependidikan mencakup topik tentang Pengantar Pendidikan, teori belajar Biologi, Evaluasi proses dan hasil pembelajaran Biologi, Perkembangan peserta didik, Magang, dan Pemantapan Profesi Keguruan (P2K).
- Pendalaman tentang perbedaan individual baik segi kognitif, emosional, fisik, sosial maupun gerak tubuh, dan kemungkinan kelainan yang disandang, serta pengaruh lingkungan sosial budaya terhadap perkembangan siswa, termasuk pembentukan nilai-nilai yang relevan. Kompetensi ini diperoleh dari mata kuliah Perkembangan Peserta Didik.
- Pemahaman strategi pembelajaran secara lebih rinci dan komprehensif yang mengacu pada pembentukan pemahaman, sikap, nilai serta keterampilan baik emosional-sosial maupun kognitif dan psikomotorik.
- Berprakarsa dan bertanggung jawab menjajaki berbagai cara perolehan informasi untuk mengembang-mutakhirkan kemampuan secara mandiri sebagai pekerja profesional maupun sebagai pribadi.
- Pemahaman nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan yaitu berakhlakul karimah serta mampu menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar dalam kehidupan bermasyarakat.
KOMPETENSI LAINNYA/PILIHAN LULUSAN
- Memiliki keterampilan enterpreneurship berdasarkan prinsip-prinsip bidang Biologi dan Pendidikan Biologi.
- Mengembangkan bakat dan minat melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
- Memiliki keterampilan dalam penerapan Ilmu Biologi melalui Mata Kuliah Pilihan.
- Menerapkan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam aktivitas sehari-hari
CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI SECARA SPESIFIK:
- Untuk menjadi tenaga pengajar yang profesional dalam bidang Biologi dan IPA harus mampu:
- Menguasai karakteristik peserta didik
- Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
- Mengembangkan kurikulum biologi dan IPA
- Melakukan kegiatan pembelajaran yang mendidik
- Mengembangkan potensi peserta didik
- Melakukan komunikasi dengan peserta didik
- Melakukan penilaian dan evaluasi pembelajaran
- Bertindak sesuai dengan norma agama, hokum, sosial dan kebudayaan nasional
- Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
- Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
- Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskrimatif
- Mampu berkomunikasi dengan sesame guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat.
- Penguasaan materi, struktur, konsep biologi dan IPA, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
- Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif
- Untuk menjadi guru Biologi yang menguasai TIK harus mampu:
- Menguasai media pembelajaran
- Mengembangkan alat/ media pembelajaran berbasis kompetensi local maupun modern dan berbasis ICT
- Untuk menjadi peneliti harus mampu:
- Menguasai metodologi penelitian serta mempunyai kemauan/ kesanggupan melakukan penelitian
- Mengkaji masalah-masalah yang relevan dengan pembelajaran biologi dan IPA
- Menyajikan hasil penelitiannya yang berdasarkan fakta dengan jujur
- Untuk menjadi instruktur lembaga pendidikan formal dan non formal harus mampu:
- Menguasai materi biologi dan IPA
- Membuat cara maupun metode dalam melatih peserta
- Memahami serta menyesuaikan diri di tempat kerja
- Bekerja secara tim dan komunikatif
- Manjadi guru Biologi yang memiliki kemampuan untuk meneruskan studi di jenjang yang lebih tinggi harus mampu:
- Menguasai materi biologi dan IPA
- Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip belajar
- Mengembangkan kurikulum biologi dan IPA
- Menguasai metodologi penelitian serta mempunyai kemauan/ kesanggupan melakukan penelitian.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PERKULIAHAN
Capaian Belajar Prodi | Capaian pembelajaran Perkuliahan (course learning outcomes-CLO) tercantum pada deskripsi mata kuliah |
Menguasai karakter peserta didik | Perkembangan peserta didik |
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik | Teori Belajar dan Pembelajaran
Pengantar pendidikan Etika dan Profesi Keguruan |
Pengembangan kurikulum | Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran Biologi |
Kegiatan pembelajaran yang mendidik | Microteaching
Strategi Pembelajaran Biologi |
Pengembangan potensi peserta didik | Kewirausahaan
Bioenterpreneur* Pengelolaan Lingkungan* |
Komunikasi dengan peserta didik | Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris Bahasa Inggris Biologi |
Penilaian dan evaluasi | Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran Biologi |
Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, soaial, dan kebudayaan nasional | Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Pancasila Pendidikan Kewarganegaraan Ilmu Sosial dan Budaya Dasar |
Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan | AIK II
AIK III AIK IV AIK V AIK VI AIK VII AIK VIII |
Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru | PLP I
PLP II Skripsi Manajemen Laboratorium Biologi |
Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif | Skripsi
Metodologi penelitian |
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat | PLP I
PLP II P2K |
Penguasaan materi, struktur, konsep Biologi dan IPA, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Kalkulus
Statistik Dasar Fisika Dasar Kimia Dasar Biologi Dasar Pengetahuan Lingkungan Ekologi Umum Struktur Perkembangan Tumbuhan Struktur Perkembangan Hewan Biologi Sel Keanekaragaman Tumbuhan Keanekaragaman Hewan Biokimia Fisiologi Hewan dan Manusia Fisiologi Tumbuhan Evolusi Bioteknologi Gizi dan Kesehatan Masyarakat Mikrobiologi Genetika Biologi Laut Genetika Molekuler Biologi Air Tawar Kajian Biologi Dalam Al Qur’an Parasitologi* Etologi* Budidaya Hewan* Fitofarmaka* Kapita Selekta* Pengajaran Remedial dan Pengayaan* Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah* Biologi Tanah*
|
Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif | PLP I
PLP II P2K |
Menguasai media pembelajaran | Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Biologi |
Mengembangkan alat atau media pembelajaran berbasis kompetensi local maupun modern dan berbasis ICT | Multimedia Pembelajaran Biologi* |
Menguasai metodologi penelitian serta mempunyai kemauan/kesanggupan melakukan penelitian | Metodologi Penelitian
|
Mengkaji masalah-masalah yang relevan dengan pembelajaran Biologi dan IPA | Skripsi
|
Menyajikan hasil penelitiannya yang berdasarkan fakta | Statistika Dasar |
Kemampuan untuk membuat cara maupun metode dalam melatih peserta | Seminar Pendidikan Biologi |
Kemampuan memahami serta menyesuaikan diri di tempat kerja | PLP I
PLP II P2K |
KANDUNGAN ELEMEN KOMPETENSI
Profil Lulusan | Capaian Belajar Prodi | Elemen Kompetensi | |||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | ||
Guru yang profesional dalam pembelajaran Biologi | 1. Menguasai karakteristik peserta didik | √ | √ | √ | √ | ||
2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik | √ | √ | |||||
3. Mengembangkan kurikulum biologi dan IPA | √ | ||||||
4. Kegiatan pembelajaran yang mendidik | √ | √ | √ | ||||
5. Mengembangkan potensi peserta didik | √ | √ | √ | ||||
6. Komunikasi dengan peserta didik | √ | √ | √ | ||||
7. Penilaian dan evaluasi pembelajaran | √ | √ | |||||
8. Bertindak sesuai dengan norma agama, hokum, sosial dan kebudayaan nasional | √ | √ | √ | ||||
9. Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan | √ | √ | √ | ||||
10. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru | √ | √ | √ | √ | |||
11. Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskrimatif | √ | √ | √ | √ | |||
12. Mampu berkomunikasi dengan sesame guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat. | √ | √ | √ | V | |||
13. Penguasaan materi, struktur, konsep biologi dan IPA, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | √ | √ | |||||
14. Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif | √ | √ | |||||
Guru Biologi yang menguasai TIK | 1. Menguasai media pembelajaran | √ | √ | ||||
2. Mengembangkan alat/ media pembelajaran berbasis kompetensi local maupun modern dan berbasis ICT | √ | √ | |||||
Peneliti | 1. Menguasai metodologi penelitian serta mempunyai kemauan/ kesanggupan melakukan penelitian | √ | √ | √ | √ | √ | √ |
2. Mengkaji masalah-masalah yang relevan dengan pembelajaran biologi dan IPA | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |
3. Menyajikan hasil penelitiannya yang berdasarkan fakta dengan jujur | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |
Instruktur Lembaga Pendidikan formal dan non formal | 1. Menguasai materi biologi dan IPA | √ | |||||
2. Membuat cara maupun metode dalam melatih peserta | √ | ||||||
3. Memahami serta menyesuaikan diri di tempat kerja | √ | √ | √ | √ | √ | ||
Elemen Kompetensi :
1. Nasionalisme dan Karakter Bangsa (Kepribadian), 2. Penguasaan Akademik Kependidikan, 3. Penguasaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan/atau Olahraga 4. Kemampuan dan Keterampilan Berkarya, 5. Sikap dan Perilaku Berkarya menurut Tingkat Keahlian berdasarkan Bidang Ilmu dan Keterampilan yang Dikuasai, dan 6. Penguasaan Kaidah Berkehidupan Bermasyarakat sesuai dengan Pilihan Keahlian Berkarya. |
PEMBENTUKAN MATA KULIAH
Capaian Belajar Prodi | Elemen Kompetensi | ||||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | |
Menguasai karakteristik peserta didik | √ | ||||||
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik | √ | ||||||
Mengembangkan kurikulum biologi | √ | ||||||
kegiatan pembelajaran yang mendidik | √ | √ | |||||
Mengembangkan potensi peserta didik | √ | √ | |||||
komunikasi dengan peserta didik | √ | ||||||
penilaian dan evaluasi pembelajaran | √ | ||||||
Bertindak sesuai dengan norma agama, hokum, sosial dan kebudayaan nasional | √ | √ | |||||
Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan | √ | √ | |||||
Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru | √ | √ | |||||
Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskrimatif | √ | √ | |||||
Mampu berkomunikasi dengan sesame guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat. | √ | √ | |||||
Penguasaan materi, struktur, konsep biologi, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | √ | ||||||
Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif | √ | ||||||
Menguasai media pembelajaran | √ | ||||||
Mengembangkan alat/ media pembelajaran berbasis kompetensi local maupun modern dan berbasis ICT | √ | ||||||
Menguasai metodologi penelitian serta mempunyai kemauan/ kesanggupan melakukan penelitian | √ | ||||||
Mengkaji masalah-masalah yang relevan dengan pembelajaran biologi | √ | ||||||
Menyajikan hasil penelitiannya yang berdasarkan fakta dengan jujur | √ | ||||||
Menguasai materi biologi | √ | ||||||
Membuat cara maupun metode dalam melatih peserta | √ | √ | |||||
Memahami serta menyesuaikan diri di tempat kerja | √ | ||||||
Bahan Kajian:
1. Kajian Ilmu Pendidikan 2. Kajian Pendidikan dasar 3. Kajian Perkembangan Peserta Didik 4. Kajian Strategi Pembelajaran 5. Kajian Bidang yang Diajarkan 6. Kajian Sistem Evaluasi 7. Kajian TIK dalam Pembelajaran |