Visi

Mewujudkan  program studi yang unggul di tingkat nasional dalam menghasilkan tenaga professional di bidang pendidikan biologi dan berkarakter islami melalui penguatan catur darma perguruan tinggi pada tahun 2024.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian di bidang biologi dan kependidikan biologi yang diorientasikan pada pengayaan materi dan inovasi pembelajaran biologi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan biologi sebagai tindak lanjut temuan hasil penelitian.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pembinaan Al Islam dan Kemuhammadiyahan baik secara khusus maupun terintegrasi dengan pembekalan konten bidang ilmu.
  1. Tujuan Program Studi
  2. Menghasilkan dosen profesional dalam bidang Pendidikan Biologi yang berkarakter Islami.
  3. Menghasilkan dosen yang mampu mengembangkan ilmu pendidikan biologi dalam bentuk publikasi ilmiah baik nasional maupun internasional.
  4. Meningkatkan kemitraan dengan berbagai lembaga pendidikan dan instansi terkait, serta stakeholder berlandaskan pengabdian pada masyarakat.

KKNI DAN PROFIL LULUSAN

DESKRIPSI GENERIK KKNI DESKRIPSI SPESIFIK KKNI PROFIL LULUSAN
Jenjang Kualifikasi 6 (paragraph pertama)

Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah

1. Mampu memanfaatkan IPTEKS yang relevan dalam lingkup Biologi untuk merancang, mengelola, memfasilitasi, mengevaluasi kelayakan, dan melakukan supervise serta pembinaan berkelanjutan dalam implementasi praktis Biologi

2. Mampu memanfaatkan IPTEKS yang relevan dalam lingkup Biologi sebagai landasan dalam pemecahan masalah melalui kegiatan penelitian pendidikan

1.  Guru yang professional di bidang Biologi dan IPA

2.  Guru biologi yang menguasai TIK

3.  Peneliti

4.  Instruktur Lembaga pendidikan formal dan non formal

5.  Calon guru Biologi yang memiliki kemampuan biologi untuk meneruskan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Jenjang kualifikasi 6

 (paragraf  kedua)

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu menformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

1. Menguasai konsep-konsep dasar biologi dan teori belajar biologi sebagai landasan dalam menganalisis dan menerapkan layanan pendidikan bagi peserta didik serta landasan dalam merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran

2. Menguasai konsep-konsep dasar dalam bidang biologi yang diaplikasikan untuk merancang kegiatan penelitian, pengumpulan dan pengolahan data, serta mempublikasikan hasi-hasil.

Jenjang kualifikasi 6

 (paragraf  ketiga)

Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analsis informasi dan data serta memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternative solusi.

 

1. Mampu mengambil keputusan trategis berdasarkan analisis informasi dan data untuk menentukan berbagai alternative pemecahan masalah

2. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data untuk menentukan berbagai alternative pemenuhan kebutuhan belajar bagi peserta didik.

Jenjang kualifikasi 6

 (paragraf  keempat)

Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi

 

Mampu menunjukkan kinerja sebagai calon guru biologi, dan dapat mempertanggungjawabkan kepada pemangku kepentingan.

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI

Sikap

Setiap lulusan S1 Pendidikan Biologi memiliki sikap sebagai berikut.

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan kode etik guru Indonesia
  12. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.
  13. Keterampilan Umum

Setiap lulusan S1 Pendidikan Biologi memiliki keterampilan kerja secara umum sebagaimana berikut:

  1. mampu bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya
  2. mampu membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif
  3. mampu mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat profesinya
  4. mampu melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat
  5. mampu meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja
  6. mampu meningkatkan mutu sumber daya untuk pengembangan program strategis organisasi
  7. mampu memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya
  8. mampu bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesinya
  9. mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan kliennya
  10. mampu melaksanakan tugas profesional guru sesuai tuntutan peraturan perundangan bidang pendidikan dan kode etik guru Indonesia yang berlaku
  11. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
  12. mampu berkontribusi dalam evaluasi atau pengembangan kebijakan nasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan profesi atau pengembangan kebijakan nasional pada bidang profesinya
  13. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya
  14. Keterampilan Khusus

Setiap lulusan S1 Pendidikan Biologi memiliki keterampilan khusus secara umum sebagaimana berikut.

  1. mampu memilih, merancang, menyiapkan, dan menggunakan bahan dan alat-alat laboratorium pendidikan biologi serta perangkat lunak yang tepat sesuai kaidah ilmu biologi
  2. mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran biologi, meliputi:
  3. merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran biologi.
  4. menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran biologi; dan
  5. menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
  1. mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri pada mata pelajaran biologi
  2. mampu menilai dan mengevaluasi pembelajaran meliputi:
  3. melaksanakan penilaian otentik-holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan
  4. menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran;
  5. mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah
  6. mampu mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam melaksanakan tugas profesionalnya
  7. mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif
  8. Penguasaan Pengetahuan

Setiap lulusan S1 Pendidikan Biologi memiliki pengetahuan sebagai berikut:

  1. menguasai teori aplikasi materi pelajaran yang diampu secara mendalam pada bidang biologi.
  2. memahami prinsip TPACK (technological pedagogical and content knowledge) untuk pembelajaran biologi yang mendidik
  3. menguasai metode dan teknik penelitian kependidikan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran biologi
  4. menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium pendidikan biologi
  5. menguasai prinsip dan teknik penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran biologi
  6. menguasai pengetahuan faktual tentang peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku

KOMPETENSI PENDUKUNG LULUSAN

  1. Menguasai hal-hal dasar dalam kependidikan mencakup topik tentang pengantar pendidikan, teori belajar Biologi, evaluasi proses dan hasil pembelajaran Biologi, Perkembangan peserta didik, Magang, dan Pemantapan Profesi Keguruan (P2K).
  2. Pendalaman tentang perbedaan individual baik segi kognitif, emosional, fisik, sosial maupun gerak tubuh dan kemungkinan kelainan yang disandang, serta pengaruh lingkungan sosial budaya terhadap perkembangan siswa, termasuk pembentukan nilai-nilai yang relevan.
  3. Memahami subtansi dan metodologi dasar pembelajaran Biologi, menguasai hal-hal dasar dalam kependidikan mencakup topik tentang Pengantar Pendidikan, teori belajar Biologi, Evaluasi proses dan hasil pembelajaran Biologi, Perkembangan peserta didik, Magang, dan Pemantapan Profesi Keguruan (P2K).
  4. Pendalaman tentang perbedaan individual baik segi kognitif, emosional, fisik, sosial maupun gerak tubuh, dan kemungkinan kelainan yang disandang, serta pengaruh lingkungan sosial budaya terhadap perkembangan siswa, termasuk pembentukan nilai-nilai yang relevan. Kompetensi ini diperoleh dari mata kuliah Perkembangan Peserta Didik.
  5. Pemahaman strategi pembelajaran secara lebih rinci dan komprehensif yang mengacu pada pembentukan pemahaman, sikap, nilai serta keterampilan baik emosional-sosial maupun kognitif dan psikomotorik.
  6. Berprakarsa dan bertanggung jawab menjajaki berbagai cara perolehan informasi untuk mengembang-mutakhirkan kemampuan secara mandiri sebagai pekerja profesional maupun sebagai pribadi.
  7. Pemahaman nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan yaitu berakhlakul karimah serta mampu menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar dalam kehidupan bermasyarakat.

KOMPETENSI LAINNYA/PILIHAN LULUSAN

  1. Memiliki keterampilan enterpreneurship berdasarkan prinsip-prinsip bidang Biologi dan Pendidikan Biologi.
  2. Mengembangkan bakat dan minat melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
  3. Memiliki keterampilan dalam penerapan Ilmu Biologi melalui Mata Kuliah Pilihan.
  4. Menerapkan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam aktivitas sehari-hari

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI SECARA SPESIFIK:

  1. Untuk menjadi tenaga pengajar yang profesional dalam bidang Biologi dan IPA harus mampu:
  • Menguasai karakteristik peserta didik
  • Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
  • Mengembangkan kurikulum biologi dan IPA
  • Melakukan kegiatan pembelajaran yang mendidik
  • Mengembangkan potensi peserta didik
  • Melakukan komunikasi dengan peserta didik
  • Melakukan penilaian dan evaluasi pembelajaran
  • Bertindak sesuai dengan norma agama, hokum, sosial dan kebudayaan nasional
  • Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
  • Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
  • Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskrimatif
  • Mampu berkomunikasi dengan sesame guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat.
  • Penguasaan materi, struktur, konsep biologi dan IPA, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
  • Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif
  1. Untuk menjadi guru Biologi yang menguasai TIK harus mampu:
  • Menguasai media pembelajaran
  • Mengembangkan alat/ media pembelajaran berbasis kompetensi local maupun modern dan berbasis ICT
  1. Untuk menjadi peneliti harus mampu:
  • Menguasai metodologi penelitian serta mempunyai kemauan/ kesanggupan melakukan penelitian
  • Mengkaji masalah-masalah yang relevan dengan pembelajaran biologi dan IPA
  • Menyajikan hasil penelitiannya yang berdasarkan fakta dengan jujur
  1. Untuk menjadi instruktur lembaga pendidikan formal dan non formal harus mampu:
  • Menguasai materi biologi dan IPA
  • Membuat cara maupun metode dalam melatih peserta
  • Memahami serta menyesuaikan diri di tempat kerja
  • Bekerja secara tim dan komunikatif
  1. Manjadi guru Biologi yang memiliki kemampuan untuk meneruskan studi di jenjang yang lebih tinggi harus mampu:
  • Menguasai materi biologi dan IPA
  • Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip belajar
  • Mengembangkan kurikulum biologi dan IPA
  • Menguasai metodologi penelitian serta mempunyai kemauan/ kesanggupan melakukan penelitian.

CAPAIAN PEMBELAJARAN PERKULIAHAN

Capaian Belajar Prodi Capaian pembelajaran Perkuliahan (course learning outcomes-CLO) tercantum pada deskripsi mata kuliah
Menguasai karakter peserta didik Perkembangan peserta didik
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik Teori Belajar dan Pembelajaran

Pengantar pendidikan

Etika dan Profesi Keguruan

Pengembangan kurikulum Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran Biologi
Kegiatan pembelajaran yang mendidik Microteaching

Strategi Pembelajaran  Biologi

Pengembangan potensi peserta didik Kewirausahaan

Bioenterpreneur*

Pengelolaan Lingkungan*

Komunikasi dengan peserta didik Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris Biologi

Penilaian dan evaluasi Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran Biologi
Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, soaial, dan kebudayaan nasional Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Pancasila

Pendidikan Kewarganegaraan

Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan AIK II

AIK III

AIK IV

AIK V

AIK VI

AIK VII

AIK VIII

Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru PLP I

PLP II

Skripsi

Manajemen  Laboratorium Biologi

Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif Skripsi

Metodologi penelitian

Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat PLP I

PLP II

P2K

Penguasaan materi, struktur, konsep Biologi dan IPA, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu Kalkulus

Statistik Dasar

Fisika Dasar

Kimia Dasar

Biologi Dasar

Pengetahuan Lingkungan

Ekologi Umum

Struktur Perkembangan Tumbuhan

Struktur Perkembangan Hewan

Biologi Sel

Keanekaragaman Tumbuhan

Keanekaragaman Hewan

Biokimia

Fisiologi Hewan dan Manusia

Fisiologi Tumbuhan

Evolusi

Bioteknologi

Gizi dan Kesehatan Masyarakat

Mikrobiologi

Genetika

Biologi Laut

Genetika Molekuler

Biologi Air Tawar

Kajian Biologi Dalam Al Qur’an

Parasitologi*

Etologi*

Budidaya Hewan*

Fitofarmaka*

Kapita Selekta*

Pengajaran Remedial dan Pengayaan*

Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah*

Biologi Tanah*

 

Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif PLP I

PLP II

P2K

Menguasai media pembelajaran Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Biologi
Mengembangkan alat atau media pembelajaran berbasis kompetensi local maupun modern dan berbasis ICT Multimedia Pembelajaran Biologi*
Menguasai metodologi penelitian serta mempunyai kemauan/kesanggupan melakukan penelitian Metodologi Penelitian

 

Mengkaji masalah-masalah yang relevan dengan pembelajaran Biologi dan IPA Skripsi

 

Menyajikan hasil penelitiannya yang berdasarkan fakta Statistika Dasar
Kemampuan untuk membuat cara maupun metode dalam melatih peserta Seminar Pendidikan Biologi
Kemampuan memahami serta menyesuaikan diri di tempat kerja PLP I

PLP II

P2K

KANDUNGAN ELEMEN KOMPETENSI

Profil Lulusan Capaian Belajar Prodi Elemen Kompetensi
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
Guru yang profesional dalam pembelajaran Biologi 1.      Menguasai karakteristik peserta didik
2.      Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
3.      Mengembangkan kurikulum biologi dan IPA
4.      Kegiatan pembelajaran yang mendidik
5.      Mengembangkan potensi peserta didik
6.      Komunikasi dengan peserta didik
7.      Penilaian dan evaluasi pembelajaran
8.      Bertindak sesuai dengan norma agama, hokum, sosial dan kebudayaan nasional
9.      Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
10.  Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
11.  Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskrimatif
12.  Mampu berkomunikasi dengan sesame guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat. V
13.  Penguasaan materi, struktur, konsep biologi dan IPA, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
14.  Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif
Guru Biologi yang menguasai TIK 1.      Menguasai media pembelajaran
2.      Mengembangkan alat/ media pembelajaran berbasis kompetensi local maupun modern dan berbasis ICT
Peneliti 1.      Menguasai metodologi penelitian serta mempunyai kemauan/ kesanggupan melakukan penelitian
2.      Mengkaji masalah-masalah yang relevan dengan pembelajaran biologi dan IPA
3.      Menyajikan hasil penelitiannya yang berdasarkan fakta dengan jujur
Instruktur Lembaga Pendidikan formal dan non formal 1.      Menguasai materi biologi dan IPA
2.      Membuat cara maupun metode dalam melatih peserta
3.      Memahami serta menyesuaikan diri di tempat kerja
Elemen Kompetensi :

1.      Nasionalisme dan Karakter Bangsa (Kepribadian),

2.      Penguasaan Akademik Kependidikan,

3.      Penguasaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan/atau Olahraga

4.      Kemampuan dan Keterampilan Berkarya,

5.      Sikap dan Perilaku Berkarya menurut Tingkat Keahlian berdasarkan Bidang Ilmu dan Keterampilan yang Dikuasai, dan

6.      Penguasaan Kaidah Berkehidupan Bermasyarakat sesuai dengan Pilihan Keahlian Berkarya.

PEMBENTUKAN MATA KULIAH

Capaian Belajar Prodi Elemen Kompetensi
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
Menguasai karakteristik peserta didik
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Mengembangkan kurikulum biologi
kegiatan pembelajaran yang mendidik
Mengembangkan potensi peserta didik
komunikasi dengan peserta didik
penilaian dan evaluasi pembelajaran
Bertindak sesuai dengan norma agama, hokum, sosial dan kebudayaan nasional
Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskrimatif
Mampu berkomunikasi dengan sesame guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat.
Penguasaan materi, struktur, konsep biologi, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif
Menguasai media pembelajaran
Mengembangkan alat/ media pembelajaran berbasis kompetensi local maupun modern dan berbasis ICT
Menguasai metodologi penelitian serta mempunyai kemauan/ kesanggupan melakukan penelitian
Mengkaji masalah-masalah yang relevan dengan pembelajaran biologi  
Menyajikan hasil penelitiannya yang berdasarkan fakta dengan jujur
Menguasai materi biologi
Membuat cara maupun metode dalam melatih peserta
Memahami serta menyesuaikan diri di tempat kerja
Bahan Kajian:

1.      Kajian Ilmu Pendidikan

2.      Kajian Pendidikan dasar

3.      Kajian Perkembangan Peserta Didik

4.      Kajian Strategi Pembelajaran

5.      Kajian Bidang yang Diajarkan

6.      Kajian Sistem Evaluasi

7.      Kajian TIK dalam Pembelajaran

KELOMPOK, SEBARAN, DAN SISTEM SATUAN (SKS) MATA KULIAH

MATA KULIAH AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN (MIK)

NO KODE MK MATA KULIAH SMTR PRASYARAT SKS T P L
1 MIK442212 AIK II II 2 2 0 0
2 MIK443221 AIK III III 2 2 0 0
3 MIK444229 AIK IV IV 2 2 0 0
4 MIK445236 AIK V V 2 2 0 0
5 MIK446243 AIK VI VI 2 2 0 0
6 MIK447249 AIK VII VII 2 2 0 0
7 MIK448253 AIK VIII VIII 2 2 0 0
TOTAL 14 14 0 0

MATA KULIAH UMUM (MKU)

NO KODE MK MATA KULIAH SMTR PRASYARAT SKS T P L
1 MKU441201 Pendidikan Agama Islam I 2 2 0 0
2 MKU441204 Bahasa Indonesia I 2 2 0 0
3 MKU441206 Ilmu Sosial Budaya Dasar I 2 2 0 0
4 MKU441202 Pendidikan Pancasila I 2 2 0 0
5 MKU441203 Pendidikan kewarganegaraan I 2 2 0 0
6 MKU441205 Bahasa Inggris I 2 2 0 0
7 MKU443224 Kewirausahaan III 2 2 0 0
TOTAL 14 14 0 0

MATA KULIAH DASAR KEPENDIDIKAN (MKDK)

NO KODE MK MATA KULIAH SMTR PRASYARAT SKS T P L
1 MKDK441207 Pengantar Pendidikan I 2 2 0 0
2 MKDK442216 Perkembangan Peserta Didik II 2 2 0 0
3 MKDK442218 Etika dan Profesi Keguruan II 2 2 0 0
4 MKDK443228 Teori Belajar dan Pembelajaran III 2 2 0 0
TOTAL 8 8 0 0

MATA KULIAH BIDANG KEAHLIAN (MKBK)

NO KODE MK MATA KULIAH SMTR PRASYARAT SKS T P L
1 MKBK441308 Biologi Dasar I 3 2 1 0
2 MKBK441209 Fisika Dasar I 2 2 0 0
3 MKBK441210 Kimia Dasar I 2 2 0 0
4 MKBK441211 Kalkulus I 2 2 0 0
5 MKBK442213 Bahasa Inggris Biologi II 2 2 0 0
6 MKBK442214 Biokimia II 2 2 0 0
7 MKBK442215 Pengetahuan Lingkungan II 2 2 0 0
8 MKBK442217 Statistik Dasar II 2 2 0 0
9 MKBK442419 Struktur Perkembangan Hewan II 4 3 1 0
10 MKBK442420 Struktur Perkembangan Tumbuhan II 4 3 1 0
11 MKBK443322 Biologi Sel III Biokimia 3 3 0 0
12 MKBK443423 Keanekaragaman Tumbuhan III 4 2 1 1
13 MKBK443325 Manajemen Laboratorium III 3 2 1 0
14 MKBK444230 Ekologi Umum IV 2 2 0 0
15 MKBK444431 Fisiologi Hewan dan Manusia IV 4 3 1 0
16 MKBK444332 Genetika IV 3 2 1 0
17 MKBK444233 Gizi dan Kesehatan Masyarakat IV 2 2 0 0
18 MKBK444434 Keanekaragaman Hewan IV 4 2 1 1
19 MKBK445338 Bioteknologi V Kewirausahaan 3 3 0 0
20 MKBK445440 Fisiologi Tumbuhan V 4 3 1 0
21 MKBK445241 Microteaching V 2 0 2 0
22 MKBK445342 Mikrobiologi V 3 2 1 0
23 MKBK446244 Biologi Laut VI 2 2 0 0
24 MKBK446245 Evolusi VI 2 2 0 0
25 MKBK446246 Genetika Molekuler VI Genetika, Biologi Sel 2 2 0 0
26 MKBK447250 Biologi Air Tawar VII 2 2 0 0
27 MKBK447251 Kajian Biologi dalam Al Qur’an VII 2 2 0 0
28 MKBK445201 Pengelolaan Lingkungan* V 2 2 0 0
29 MKBK445202 Parasitologi* V 2 2 0 0
30 MKBK445203 Fitofarmaka* V 2 2 0 0
31 MKBK446205 Kapita Selekta Pendidikan Biologi* VI 2 2 0 0
32 MKBK446206 Etologi* VI 2 2 0 0
33 MKBK446207 Budidaya Hewan* VI 2 2 0 0
34 MKBK447208 Bioenterpreneur* VII 2 2 0 0
35 MKBK447209 Biologi Tanah* VII 2 2 0 0
36 MKBK447210 Multimedia Pembelajaran Biologi* VII 2 0 2 0
TOTAL 100 85 13 2

MATA KULIAH KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN (MKKPP)

NO KODE MK MATA KULIAH SMTR PRASYARAT SKS T P L
1 MKKPP443326 Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Biologi III 3

 

3 0 0
2 MKKPP444335 Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran Biologi IV 3 3 0 0
3 MKKPP445337 Asesmen dan Evaluasi pembelajaran Biologi V 3 3 0 0
4 MKKPP445239 Strategi Pembelajaran  Biologi V 2 2 0 0
6 MKKPP446204 Pengajaran Remedial dan Pengayaan* VI 2 2 0 0
7 MKKPP447211 Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah* VII 2 2 0 0
TOTAL 15 15 0 0

 MATA KULIAH PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (MKPP)

NO KODE MK MATA KULIAH SMTR PRASYARAT SKS T P L
1 MKPP446247 Metodologi Penelitian VI 2 2 0 0
2 MKB443201 PLP I III 2 0 2 0
3 MKPP446348 PLP II VI Microteaching 3 0 3 0
4 MKPP447252 Seminar Pendidikan Biologi VII 2 2 0 0
5 MKPP448454 Pemantapan Profesi Keguruan (P2K) VIII Metodologi Penelitian 4 0 4 0
6 MKPP448655 Skripsi VIII P2K 6 0 6 0
TOTAL 19 4 15 0

JUMLAH SKS

NO KELOMPOK MATA KULIAH SKS T P L
1 MATA KULIAH AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN (MIK) 14 14 0 0
2 MATA KULIAH UMUM (MKU) 14 14 0 0
3 MATA KULIAH DASAR KEPENDIDIKAN (MKDK) 8 8 0 0
4 MATA KULIAH BIDANG KEAHLIAN (MKBK) 100 85 13 2
5 MATA KULIAH KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN (MKKPP) 15 15 0 0
6 MATA KULIAH PENGEMBANGAN PENDIDIKAN  (MKPP) 19 4 15 0
JUMLAH 172 142 28 2

MATA KULIAH WAJIB DAN PILIHAN

MATA KULIAH WAJIB

NO KODE MK MATA KULIAH SMTR SKS T P L
1 MKU441201 Pendidikan Agama Islam I 2 2 0 0
2 MKU441202 Pendidikan Pancasila I 2 2 0 0
3 MKU441203 Pendidikan Kewarganegaraan I 2 2 0 0
4 MKU441204 Bahasa Indonesia I 2 2 0 0
5 MKU441205 Bahasa Inggris I 2 2 0 0
6 MKU441206 Ilmu Sosial dan Budaya Dasar I 2 2 0 0
7 MKDK441207 Pengantar Pendidikan I 2 2 0 0
8 MKBK441308 Biologi Dasar I 3 2 1 0
9 MKBK441209 Fisika Dasar I 2 2 0 0
10 MKBK441210 Kimia Dasar I 2 2 0 0
11 MKBK441211 Kalkulus I 2 2 0 0
12 MIK442212 AIK II II 2 2 0 0
13 MKBK442213 Bahasa Inggris Biologi II 2 2 0 0
14 MKBK442214 Biokimia II 2 2 0 0
15 MKBK442215 Pengetahuan Lingkungan II 2 2 0 0
16 MKDK442216 Perkembangan Peserta Didik II 2 2 0 0
17 MKBK442217 Statistik Dasar II 2 2 0 0
18 MKDK442218 Etika dan Profesi Keguruan II 2 2 0 0
19 MKBK442419 Struktur Perkembangan Hewan II 4 3 1 0
20 MKBK442420 Struktur Perkembangan Tumbuhan II 4 3 1 0
21 MIK443221 AIK III III 2 2 0 0
22 MKBK443322 Biologi Sel III 3 2 0 0
23 MKBK443423 Keanekaragaman Tumbuhan III 4 2 1 1
24 MKU443224 Kewirausahaan III 2 2 0 0
25 MKBK443325 Manajemen Laboratorium Biologi III 3 2 1 0
26 MKKPP443326 Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Biologi III 3 3 0 0
27 MKPP443227 PLP I III 2 0 2 0
28 MKDK443228 Teori Belajar dan Pembelajaran III 2 2 0 0
29 MIK444229 AIK IV IV 2 2 0 0
30 MKBK444230 Ekologi Umum IV 2 2 0 0
31 MKBK444431 Fisiologi Hewan dan Manusia IV 4 3 1 0
32 MKBK444332 Genetika IV 3 2 1 0
33 MKBK444233 Gizi dan Kesehatan Masyarakat IV 2 2 0 0
34 MKBK444434 Keanekaragaman Hewan IV 4 2 1 1
35 MKKPP444335 Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran Biologi IV 3 3 0 0
36 MIK445236 AIK V V 2 2 0 0
37 MKKPP445337 Assesmen dan Evaluasi Pembelajaran Biologi V 3 3 0 0
38 MKBK445338 Bioteknologi V 3 3 0 0
39 MKKPP445239 Strategi Pembelajaran Biologi V 2 2 0 0
40 MKBK445440 Fisiologi Tumbuhan V 4 3 1 0
41 MKBK445241 Microteaching V 2 0 2 0
42 MKBK445342 Mikrobiologi V 3 2 1 0
43 MIK446243 AIK VI VI 2 2 0 0
44 MKBK446244 Biologi Laut VI 2 2 0 0
45 MKBK446245 Evolusi VI 2 2 0 0
46 MKBK446246 Genetika Molekuler VI 2 2 0 0
47 MKPP446247 Metodologi Penelitian VI 2 2 0 0
48 MKPP446348 PLP II VI 3 0 3 0
49 MIK447249 AIK VII VII 2 2 0 0
50 MKBK447250 Biologi Air Tawar VII 2 2 0 0
51 MKBK447251 Kajian Biologi dalam Al Qur’an VII 2 2 0 0
52 MKPP447252 Seminar Pendidikan Biologi VII 2 0 2 0
53 MIK448253 AIK VIII VIII 2 2 0 0
54 MKPP448454 Pemantapan Profesi Keguruan (P2K) VIII 4 0 0 4
55 MKPP448655 Skripsi VIII 6 0 6 0
JUMLAH 138 108 22 6

 MATA KULIAH PILIHAN

NO KODE MK NAMA MATA KULIAH SMTR SKS T P L
1 MKBK445201 Pengelolaan Lingkungan V 2 2 0 0
2 MKBK445202 Parasitologi V 2 2 0 0
3 MKBK445203 Fitofarmaka V 2 2 0 0
4 MKKPP446204 Pengayaan Remedial dan Pengayaan VI 2 2 0 0
5 MKBK446205 Kapita Selekta Pendidikan Biologi VI 2 2 0 0
6 MKBK446206 Etologi VI 2 2 0 0
7 MKBK446207 Budidaya Hewan VI 2 2 0 0
8 MKBK447208 Bioenterpreneur VII 2 0 2 0
9 MKBK447209 Biologi Tanah VII 2 2 0 0
10 MKBK447210 Multimedia Pembelajaran Biologi VII 2 0 2 0
11 MKKPP447211 Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah VII 2 2 0 0
Jumlah 22 18 4 0

SEBARAN MATA KULIAH PER SEMESTER

SEMESTER I
NO KODE MK MATA KULIAH SKS TEORI PRAKTIK
1 MKU441204 Bahasa Indonesia 2 2 0
2 MKU441205 Bahasa Inggris 2 2 0
3 MKBK441308 Biologi Dasar 3 2 1
4 MKBK441209 Fisika Dasar 2 2 0
5 MKU441206 Ilmu Sosial & Budaya Dasar 2 2 0
6 MKBK441211 Kalkulus 2 2 0
7 MKBK441210 Kimia Dasar 2 2 0
8 MKU441201 Pendidikan Agama Islam 2 2 0
9 MKU441203 Pendidikan kewarganegaraan 2 2 0
10 MKU441202 Pendidikan Pancasila 2 2 0
11 MKDK441207 Pengantar Pendidikan 2 2 0
JUMLAH SKS 23 22 1
SEMESTER II
NO KODE MK MATA KULIAH SKS TEORI PRAKTIK
1 MIK442212 AIK  II 2 2 0
2 MKBK442213 Bahasa Inggris Biologi 2 2 0
3 MKBK442214 Biokimia 2 2 0
4 MKBK442215 Pengetahuan Lingkungan 2 2 0
5 MKDK442216 Perkembangan Peserta Didik 2 2 0
6 MKBK442217 Statistik Dasar 2 2 0
7 MKKPP442218 Etika dan Profesi Keguruan 2 2 0
8 MKBK442419 Struktur  Perkembangan Hewan 4 3 1
9 MKBK442420 Struktur Perkembangan Tumbuhan 4 3 1
JUMLAH SKS 22 20 2
 

 

 

 

SEMESTER III
NO KODE MK MATA KULIAH SKS TEORI PRAKTIK
1 MIK443221 AIK  III 2 2 0
2 MKBK443322 Biologi Sel 3 3 0
3 MKBK443423 Keanekaragaman Tumbuhan 4 3 1
4 MKU443224 Kewirausahaan 2 2 0
5 MKBK443325 Manajemen Laboratorium Biologi 3 2 1
6 MKKPP443326 Pengembangan Bahan Ajar & Media Pembelajaran Biologi 3 3 0
7 MKPP443227 PLP I 2 0 2
8 MKDK443228 Teori Belajar dan Pembelajaran 2 2 0
JUMLAH SKS 21 17 4
SEMESTER IV
NO KODE MK MATA KULIAH SKS TEORI PRAKTIK
1 MIK444229 AIK IV 2 2 0
2 MKBK444230 Ekologi Umum 2 2 0
3 MKBK444431 Fisiologi Hewan dan Manusia 4 3 1
4 MKBK444332 Genetika 3 2 1
5 MKBK444233 Gizi dan Kesehatan Masyarakat 2 2 0
6 MKBK444434 Keanekaragaman Hewan 4 3 1
7 MKKPP444335 Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran Biologi 3 3 0
JUMLAH SKS 20 17 3
SEMESTER V
NO KODE MK MATA KULIAH SKS TEORI PRAKTIK
1 MIK445236 AIK V 2 2 0
2 MKKPP445337 Asesmen & Evaluasi Pembelajaran Biologi 3 3 0
3 MKBK445338 Bioteknologi 3 3 0
4 MKKPP445239 Strategi Pembelajaran Biologi 2 2 0
5 MKBK445440 Fisiologi Tumbuhan 4 3 1
6 MKBK445241 Microteaching 2 1 1
7 MKBK445342 Mikrobiologi 3 2 1
8 MKBK445201 Pengelolaan Lingkungan* 2*
9 MKBK445202 Parasitologi* 2*
10 MKBK445203 Fitofarmaka* 2*
JUMLAH SKS 21
*1 Mata Kuliah Pilihan
SEMESTER VI
NO KODE MK MATA KULIAH SKS TEORI PRAKTIK
1 MIK446243 AIK VI 2 2 0
2 MKBK446244 Biologi Laut 2 2 0
3 MKBK446245 Evolusi 2 2 0
4 MKBK446246 Genetika Molekuler 2 2 0
5 MKPP4463247 Metodologi Penelitian 2 2 0
6 MKPP446348 PLP II 3 0 3
7 MKKPP446204 Pengajaran Remedial dan Pengayaan* 2*
8 MKBK446205 Kapita Selekta Pendidikan Biologi* 2*
9 MKBK446206 Etologi* 2*
10 MKBK446207 Budidaya Hewan* 2*
JUMLAH SKS 17
*2 Mata Kuliah Pilihan
SEMESTER VII
NO KODE MK MATA KULIAH SKS TEORI PRAKTIK
1 MIK447249 AIK VII 2 2 0
2 MKBK447250 Biologi Air Tawar 2 2 0
3 MKBK447251 Kajian Biologi dalam Al Qur’an 2 2 0
4 MKPP447252 Seminar Pendidikan Biologi 2 2 0
5 MKBK447208 Bioenterpreneur* 2*
6 MKBK447209 Biologi Tanah* 2*
7 MKBK447210 Multimedia Pembelajaran Biologi* 2*
8 MKKPP447211 Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah* 2*
JUMLAH SKS 12
*2 Mata Kuliah Pilihan
SEMESTER VIII
NO KODE MK MATA KULIAH SKS TEORI PRAKTIK
1 MIK448253 AIK VIII 2 2 0
2 MKPP448454 Pemantapan Profesi Keguruan (P2K) 4 0 4
3 MKPP448655 Skripsi 6 0 6
JUMLAH SKS 12 2 10

Catatan :

Mahasiswa dapat menyelesaikan S1 setelah memprogramkan minimal 148 SKS, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Mata kuliah wajib 138 SKS
  2. Mata Kuliah pilihan 10 SKS

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar

Jalan Sultan Alauddin 259 Makassar

Telepon: 0411 866972

Fax: 0411 866972

Email: fkip@unismuh.ac.id