PROFIL PROGRAM STUDI
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar didirikan pada tanggal 22 Mei 1986 bersamaan dengan SK Dirjen Pendidikan Tinggi : 032/0/1986, dan telah diterbitkan perpanjangan ijin Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Tinggi No: 1713/D/T/K-IX/2009. Melalui pembenahan yang berkesinambunan oleh segenap civitas akdemika, maka pada pelaksanaan akreditasi untuk tahun akademi 2005/2006 progran studi pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia memperoleh nilai B berdasarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 007/BAN-PT/Ak-X/S1/VI/2006 Tanggal 29 Juni 2006 dan tahun 2012 juga memperoleh akreditasi B berdasarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Terakreditasi No: 022/BAN-PT/Ak-XV/S1/VII/2012 tertanggal 27 Juli 2012 sampai dengan 27 Juli 2017. Pada tanggal 5 september 2017 sampai 5 september 2022 terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No.3211/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2017.
KKNI & PROFIL LULUSAN
Profil Lulusan | Capaian Belajar Prodi | Elemen Kurikulum | |||||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | dst | |||
1. Guru Pemula | Jenjang Kualifikasi 6
(paragrapertama) Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dan beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam menyelesaian masalah. |
| – | – | – | – | – | ||
2. Peneliti Pemula | Mampu menguasa metodologi penelitian | – | – | | – | – | – | ||
3. Memiliki keahlian yang mencakup kebahasaan, kesastraan, metode pembelajaran | Jenjang Kualifikasi 6
(paragraf kedua) Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan khusus pengetahuan secara mendalam, procedural. |
– | – | – | – | | – | ||
4. Penyunting | Jenjang Kualifikasi 6
(paragraf ketiga) Mampu memutuskan strategi berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan petunjuk dalam memilih berbagai solusi. |
– | | – | – | – | – | ||
5. Instruktur Lembaga pendidikan non formal | Jenjang Kualifikasi 6
(paragraf keempat) Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
– | – | – | – | – | | ||
Elemen Kurikulum
1. Nasionalisme dan Karakter Bangsa (Kepribadian), |
|||||||||
2. | Penguasaan Akademik Kependidikan, | ||||||||
3. | Penguasaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan/atau Olahraga, | ||||||||
4. | Kemampuan dan Keterampilan Berkarya, | ||||||||
5. | Sikap dan Perilaku berkarya Menurut Tingkat keahlian Berdasarkan Ilmu dan
Keterampilan yang Dikuasai, dan |
||||||||
6. | Penguasaan Kaidah Berkehidupan Bermasyarakat sesuai dengan pilihan Keahlian berkarya. |
VISI
Visi Prodi Pendidikan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unismuh Makassar “Tahun 2024, mewujudkan program studi berkarakter Islami yang terpercaya, unggul dan kerjasama baik regional, nasional, dan internasional di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melalui penguatan tri dharma perguruan tinggi.”
MISI
Berdasarkan Visi tersebut, maka Misi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar adalah sebagai berikut:
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis kompetensi yang terintegrasi dengan Al Islam Kemuhammadiyaan
- Meyelenggarana proses pembelajaran berbasis penelitian dalam bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan, pemerintah kabupaten/ kota, baik lokal, regional, nasional, maupun internasional dalam rangka penyelenggaraan pengabdian masyarakat.
TUJUAN
Merujuk pada tujuan universitas dan fakultas dengan memperhatikan misi yang dirumuskan di atas, maka rumusan tujuan prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah sebagai berikut:
- Menghasilkan tenaga pendidik profesional dalam bidang Pendidikan yang berkarakter Islami.
- Menghasilkan tenaga pendidik yang mampu mengembangkan ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam bentuk publikasi ilmiah
Meningkatkan jaringan kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan pemerintah kabupaten/ kota, baik lokal, regional, nasional, maupun internasional berlandaskan pengabdian pada masyarakat.
SASARAN
Berdasarkan Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi, maka sasaran Program StudiBahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Makassar, untuk periode (2012-2024) menitikberatkan pada:(1) pengembangan kelembagaan, (2) sumber daya manusia, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) sarana-prasarana, (5) penelitian dan pengabdian masyarakat, dan (6) kerjasama.
1. Pengembangan kelembagaan meliputi:
- Berjalannya tata pamong secara efektif pada tingkat Program Studi.
- Tertatanya sistem administrasi dan dokumentasi kegiatan akademik berbasis teknologi informasi yang mudah diakses.
- Terkelolanya keuangan yang transparan dan akuntabel.
- Terselenggaranya penjaminan mutu akademik.
2. Pengembangan sumber daya manusia meliputi:
- Tercapainya 65,17% Dosen yang memiliki kepangkatan akademik Lektor Kepala dan Guru Besar.
- Tercapainya 38 % Dosen berpendidikan Doktor yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Meningkatnya kompetensi akademik Dosen.
- Terlaksananya pelayanan akademik dan non akademik yang cepat, tepat, ramah, dan responsif terhadap perubahan lingkungan.
3. Mahasiswa dan lulusan meliputi:
- Meningkatnya prestasi mahasiswa ditingkat nasional dan internasional.
- Tercapainya IPK lulusan rata-rata 3,90.
- Tercapainya rata-rata lama studi 4 tahun.
- Tercapainya rata-rata waktu tunggu memperoleh pekerjaan selama 1 bulan.
4. Pengembangan sarana-prasarana meliputi:
- Terwujudnya lingkungan kampus yang bersih, asri, dan Islami.
- Terwujudnya Perpustakaan yang lengkap dan berkualitas yang mendukung proses pengajaran dan penelitian.
- Terwujudnya Laboratorium yang menunjang proses pembelajaran dan pengembangan keterampilan mahasiswa.
5. Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
- Tercapaianya 50 penelitian yang didanai oleh institusi nasional dan internasional.
- Tercapainya 50 artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal nasional dan internasional.
- Tercapainya 20 penerbitan buku ajar..
- Tercapainya 60% pengabdian pada masyarakat yang dibiayai oleh institusi luar perguruan tinggi atau internasional.
6. Kerjasama
Terwujudnya kerjasama dengan institusi nasional dan luar negeri dalam rangka pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, baik institusi pendidikan seperti Perguruan Tinggi, maupun lembaga pemerintah, dinas, industri, dan organisasi non-pemerintah.